3 Negara yang Masih 'Menjajah' Indonesia Di Jaman Modern

Sejarah mencatat bahwa Indonesia pernah dijajah 2 kali oleh Belanda dan Jepang yang benar-benar merubah tatanan kehidupan masyarakat kita hingga saat ini. Mungkin saja kalau Belanda dan Jepang tidak menjajah Indonesia, kita bisa memiliki sistem pemerintahan berupa kerajaan dan menjadi bangsa yang maju tak seperti saat ini.


Meski sudah merdeka dan terbebas dari penjajahan yang menyiksa, nyatanya Indonesia masih saja dijajah oleh kekuatan besar di dunia. Mereka tidak menjajah dengan perang dan merebut wilayah kita, namun mereka berhasil menyusupkan produknya dan mencemari perekonomian kita dan membuat rakyat mengalami ketergantungan kepada produk negara ini.

Setidaknya ada 3 negara penjajah produk yang masih menguasai pasar Indonesia hingga saat ini, siapa saja mereka?

1. China
Rasanya sangat sulit menemukan orang di jaman modern di Indonesia yang tidak menggunakan produk China. Produk dari negara tirai bambu ini sangat banyak dan bisa didapatkan dengan harga yang sangat murah sehingga laku keras di Indonesia.

Saya sendiri pernah mendapat tantangan dari seorang guru untuk mendata daftar barang buatan China yang ada di tubuh saya saat itu. Mulai dari pakaian, sepatu, sabuk, alat tulis, handphone, hingga ke peniti ternyata masih ada produk buatan China yang membuat saya tersenyum. Ini yang dinamakan penjajahan tanpa kekerasan namun efeknya luar biasa.

2. Jepang
Jepang menguasai produk kendaraan di Indonesia dengan produknya yang laris manis di pasaran. Bayangkan jika semua produk kendaraan dari Jepang dihilangkan dari jalanan tanah air, bagaimana sepinya jalanan di sekitar kita, bukan?

Jepang adalah negara yang belajar dari kesalahan mereka, dulu Jepang menjajah Indonesia dengan kekerasan dan perang yang menyebabkan rakyat menderita dan membenci mereka. Saat ini Jepang menjajah Indonesia dengan produknya dan rakyat menyukai mereka, hanya pola pikir dan caranya saja yang dirubah.

3. Amerika Serikat
Rakyat Indonesia akan kesulitan untuk maju tanpa kemajuan teknologi dari orang Amerika. Mulai dari internet, sosial media, software, dan berbagai kemajuan teknologi lainnya yang berhasil mengangkat tingkat kepandaian rakyat kebanyakan berasal dari negeri paman Sam ini.

Bukankah lucu jika kalian membenci Amerika namun kalian masih menggunakan produk mereka untuk membencinya, misalnya saja kalian membuat pendapat di internet tentang keburukan Amerika namun tanpa kalian sadari ternyata kalian melakukannya dengan bantuan mereka.

Wirausahakan Updated at: 10:25 PM

0 komentar:

Post a Comment