Pengalaman : Kelamaan Mikir Bisnis Malah Keduluan Orang Lain!

Ada tetangga saya yang pernah punya niat mau buka warung kelontong di depan rumahnya, dia sudah membeli lemari etalase yang hendak digunakan untuk menaruh barang dagangannya. Modal usaha katanya sudah punya dan rencana bisnis sudah cukup matang.


Sayangnya tetangga saya ini malah belum juga membuka warungnya karena berbagai alasan, salah satunya "tidak enak hati" dengan warung sebelah yang tak lain adalah saudaranya sendiri. Meski begitu, tetangga ini masih ngotot ingin buka usaha di depan rumah berupa warung kelontong dengan catatan merubah beberapa rencana seperti ada barang yang berbeda agar tidak menghancurkan bisnis saudaranya.

Mikirnya kelamaan bos!

Dia sudah siap etalase dan modalnya, eh gak buka-buka warungnya. Tiba-tiba saja tetangga lainnya malah buka warung seadanya. Kenapa saya bilang seadanya? Itu warung dibuka di depan rumah yang merupakan bekas gudang, tempatnya berantakan, barangnya gak lengkap, dan orang yang beli pastinya punya banyak uneg-uneg dari warung itu.

Meski kurang dalam persiapan, namun warung baru ini bisa berkembang dengan pesat dan barang dagangannya terus bertambah hingga hanya dalam waktu beberapa bulan saja sudah bisa membangun warung yang lebih mapan dari sebelumnya.

Tetangga saya yang telat buka bisnis itu kemudian nekad membuka warungnya untuk bersaing, sayangnya dia bisa dibilang sudah terlambat dan kalah saing sejak awal. Pasalnya warung dadakan tadi sudah punya banyak sekali pelanggan tetap yang sering nongkrong di situ sehingga penjualan warung tetangga yang telat buka tadi sangat sepi.

Hanya berjalan 2 bulan saja, warung "telat buka' tadi akhirnya tutup karena omsetnya tidak sesuai dengan harapan ditambah kalah saing. Akhirnya dia kalah dalam persaingan bisnisnya, padahal sudah punya start yang lebih baik dari warung dadakan sebelah.

Dari cerita nyata di atas saya sebenarnya ingin memberikan sebuah pengalaman yang semoga bisa menjadi pelajaran berharga untuk kita semua. Terkadang kita terlalu lama berfikir untuk bisnis yang akan kita jalankan namun terlambat untuk memulainya sehingga keduluan oleh orang lain.

Coba saja anda punya gagasan bisnis yang bagus dan sudah mulai mempersiapkannya, namun keduluan orang lain. Siapa yang salah? Bukan orang yang mendului anda, namun diri anda sendiri yang terlalu lama dalam tahap persiapan.

Mulai sekarang jika ada ide bisnis yang anda dapatkan, segeralah mulai! Urusan berhasil atau tidaknya setelah dicoba, jangan takut gagal dan jangan malu ketika dicibir orang!

Wirausahakan Updated at: 11:10 PM

0 komentar:

Post a Comment