Kesalahan Pengusaha Muda : Minim Tindakan, Banyak Harapan, Mudah Menyerah!

Saya akan menuliskan pengalaman pribadi saya sendiri kepada kalian semua mengenai masalah usaha saya yang berlangsung lama. Semoga tidak ada yang mengalami nasib seperti saya karena sejujurnya ini adalah hal yang cukup memalukan bagi seorang pengusaha muslim yang dilarang untuk berputus asa.


Memulai usaha dari 0 (bahkan minus) adalah hal yang sangat berat untuk saya, namun cita-cita dan harapan yang tinggi membuat saya berusaha keras untuk bisa mewujudkan cita-cita tersebut. Saya tidak paham dengan dunia bisnis, tidak punya pembimbing, tidak tahu arah, minim pengetahuan, dan pastinya minim modal bisnis.

Namun anehnya saya sangat terinspirasi oleh para pengusaha sukses yang ada, saya baca kisah mereka dalam meraih sukses dan biasanya jarang sekali yang menceritakan masa sulitnya dengan detail.

Itu salah satu kesalahan saya!

Awalnya saya kira dunia usaha ini sangat mudah, ibaratnya menanam pohon terus ditinggal begitu saja dalam waktu singkat bisa berbuah dan siap dipanen. Sayangnya itu hanyalah sebuah angan-angan bodoh.

Selama beberapa tahun saya mencoba jenis usaha yang beraneka ragam, nyatanya belum ada yang benar-benar sukses dan menghasilkan. Boro-boro bisa untung, kalau tidak rugi dan modal hilang saja sudah bersyukur.

Setelah berfikir dan introspeksi diri, nyatanya saya adalah seorang anak muda yang memang punya mimpi yang sangat besar untuk menjadi seorang pengusaha sukses. Namun saya tidak melakukan apa yang dilakukan oleh pengusaha sukses pada masa awalnya.

Saya minim tindakan, cepat menyerah, tidak mau mencoba hal baru, susah menerima pendapat, terlalu egois, dan hasilnya tidak menemukan jalan yang sesuai dengan tujuan saya.

Allah SWT nyatanya masih memberikan saya kesempatan, meski berkali-kali gagal namun Allah SWT tidak menghilangkan semangat saya dalam dunia bisnis hingga saat ini. Jadi ketika saya gagal, saya akan mencoba lagi, gagal, mencoba lagi, dan seterusnya seperti itu.

Jika anda beruntung menemukan sosok yang menginspirasi atas kesuksesannya, jangan lihat hasil suksesnya saja. Coba deh lihat perjuangannya, apa saja masalah yang pernah dia hadapi, seberapa besar perjuangannya selama ini hingga sukses.

Wirausahakan Updated at: 9:10 PM

0 komentar:

Post a Comment