Kecurangan Pedagang yang Sering Dilakukan (Ingat Dosa, Jangan Ditiru!)

Dalam dunia perdagangan ada banyak sekali jenis kecurangan yang sering dilakukan para pedagang guna bisa meningkatkan keuntungan bisnisnya. Praktek nakal seperti ini sudah terjadi sejak jaman dulu hingga sekarang dengan model yang berbeda-beda.


Dari pengalaman saya dalam dunia usaha, setidaknya ada beberapa jenis kecurangan usaha yang saya ketahui sering dilakukan oleh para pengusaha, diantaranya adalah :

1. Manipulasi timbangan
Sampai saat ini praktek manipulasi timbangan masih dilakukan oleh para pedagang, biasanya mereka mengakali timbangan miliknya untuk mengurangi takaran agar keuntungannya bertambah. Misalnya timbangan 1kg, setelah dimanipulasi ternyata hanya 9 ons saja dan mereka untung 2 ons sendiri.

2. Menimbun barang dagangan
Pedagang barang pokok biasanya sering melakukan praktek nakal ini, misalnya ketika harga minyak turun maka mereka akan membeli sebanyak mungkin dan menimbunnya. Ketika harganya naik maka mereka menjual stok lama dengan harga yang mahal demi keuntungan berlipat ganda.

3. Monopoli pasar
Membanjiri pasar dengan produknya agar bisa menyingkirkan saingan adalah bisnis curang pedagang kelas atas, mereka tak segan mematikan usaha saingannya dengan cara yang licik seperti ini. Kalian pasti paham produk mana yang sering memonopoli pasar sehingga mengganggu harga pasaran.

4. Permainan harga
Menjual produk dengan seenak udelnya sendiri demi keuntungan yang banyak juga tak jarang dilakukan pedagang. Apalagi jika ada suatu produk yang sedang sulit didapatkan maka mereka menjualnya dengan harga yang tinggi demi keuntungan semata, ngakunya aji mumpung lah kejar setoran lah.

5. Isu busuk pesaing
Kalau lagi ada saingan yang sukses, mulai deh nyebar gosip yang enggak-enggak. Mulai dari isu dukun, pesugihan, barang tiruan, barang palsu, dan lain sebagainya agar pembeli enggan ke tempat saingan dan tetap jadi pelanggan.

6. Membohongi pembeli
Kalau ada pembeli datang dan terlihat tidak mengetahui barang yang dibeli maka dibohongi dan diberikan produk jelek dengan harga yang mahal. Lebih-lebih ada praktek penjual yang menunjukkan keuntungan dan harga belinya kepada pembeli, lucu sekali mereka dalam menipu.

7. Penipuan
Kalau yang ini saya temui ketika terjun di dunia online dimana sering terjadi penipuan saat pembeli sudah kirim uang dan penjual malah kabur, atau kalaupun dikirim maka barang yang dikirim adalah produk yang tidak sesuai dengan pesanan.


Apa lagi yah? Ntar kalau ingat saya tuliskan di bawahnya buat update :D

Wirausahakan Updated at: 1:44 AM

0 komentar:

Post a Comment