Inilah Alasan Kenapa Banyak Pengusaha lebih Memilih Import Produk Dari China

Pernahkah anda bertanya : "kenapa sih banyak pengusaha Indonesia lebih memilih mengimport produk China?", padahal kualitas produk dari negara sendiri tak kalah saing, atau produk dari negara lainnya malah lebih baik dan lebih berkualitas.


Sudah jadi rahasia umum kalau Indonesia jadi salah satu negara yang dijadikan pasar oleh para pengusaha China. Banyak sekali produk China yang ada di Indonesia sehingga terkadang mematikan produk lokal yang sedang berkembang.

Ternyata ada beberapa alasan kenapa produk China lebih dipilih ketimbang produk lokal maupun dari negara lainnya, diantaranya adalah :

Harganya lebih murah
Masalah harga sepertinya sulit menyaingi produk China, bukan hanya pengusaha Indonesia saja namun masalah seperti ini juga dirasakan oleh pengusaha di negara lainnya. Pengusaha China bisa membuat suatu produk yang sama dengan harga yang jauh lebih murah meski kualitasnya lebih rendah.

Stok barang melimpah
Berapapun order yang anda minta kepada pengusaha China pasti dilayani meskipun belum ada stok, mereka tidak akan mengecewakan pembeli. Menurut teman saya yang sering order produk ke China, terkadang ketika order barang ternyata tidak ada stok maka pengusaha di sana akan mencarinya langsung demi bisa memenuhi orderan meski tidak untung, yang penting tidak mengecewakan pembeli.

Dukungan kerjasama yang baik
Kalau anda membeli produk dari China, sudah banyak jasa pengiriman yang membantu. Berbeda jika anda membeli produk di negara lainnya, terkadang akan terkendala dengan pengiriman dan berbagai perizinan lainnya yang ribet.

Pelayanan yang memuaskan
Ada yang mengsatakan bahwa penjual terbaik adalah orang China, mereka seperti pelayan kerajaan yang selalu tersenyum dan menjawab segala pertanyaan anda hingga anda yakin dan membeli produk mereka. Kalau tidak percaya, silakan saja bertanya-tanya tentang produk yang dijual di China dan bagaimana respon penjual saat anda bertanya.

Pemasaran yang lebih bagus
Dapat produk dengan harga murah dan stoknya banyak, dijual di tanah air lebih mudah karena kebanyakan orang Indonesia lebih mementingkan harga murah ketimbang kualitas.

Wirausahakan Updated at: 2:58 AM

0 komentar:

Post a Comment