Tips Menghindari Peretasan Situs Toko Online yang Sangat Merugikan

Tindak peretasan situs sudah menjadi masalah yang cukup serius bagi kalangan pebisnis online karena hal ini sangat merugikan baik dari nama baik maupun kerugian material yang cukup berbahaya. Beberapa waktu yang lalu kita mendengar kisah pemuda lulusan SMP yang berhasil membobol situs tiket.com dan merugikan 2 perusahaan penyedia jasa tiket online hingga miliaran Rupiah.


Untuk anda yang sedang menjalankan usaha online melalui media internet, anda wajib berhati-hati karena banyak sekali pihak yang tidak bertanggung jawab yang sering jail dan merugikan. Baik toko online pribadi maupun akun di toko online seperti tokopedia, bukalapak, dll wajib diperhatikan keamanannya karena sudah banyak kasus peretasan yang merugikan.

Teknologi memang tidak ada yang sempurna, namun anda bisa mencegahnya dengan beberapa hal sederhana agar tidak menjadi korban kejahilan orang di dunia maya. Berikut ini adalah tips sederhana yang bisa anda gunakan untuk menghindari hacking yang merugikan :
  1. Ganti password anda secara berkala karena dengan cara ini anda bisa sedikit menghindari hal-hal yang tidak diinginkan seperti pencurian password.
  2. Lindungi alamat email anda, jika sangat penting ada baiknya jangan dishare sembarangan karena bisa menjadi sasaran hacker.
  3. Tidak ada salahnya punya kenalan orang yang ahli dalam bidang IT untuk berjaga-jaga jika butuh bantuan mereka.
  4. Mempekerjakan orang IT untuk membantu melindungi bisnis anda di dunia maya.
  5. Jangan membuat masalah di dunia maya karena banyak orang yang pendendam dan mengincar diri anda dan bisnis anda.
  6. Hati-hati dengan email spam, link tidak jelas, dan berbagai informasi mencurigakan yang anda temui karena bisa jadi itu adalah link yang menyebabkan virus.
  7. Perbaiki sistem yang anda gunakan agar lebih aman dari gangguan yang mungkin terjadi.
  8. Update segala hal yang berhubungan dengan situs anda, misalnya anda menggunakan website berbasis wordpress maka sering-seringlah update plugin yang anda gunakan.
  9. Backup data penting untuk melindungi data anda jika sekali-kali terjadi masalah serius.
Sedikit informasi yang semoga bisa berguna untuk anda dalam melindungi situs dan akun dalam bisnis online yang anda pakai saat ini. Tetap berhati-hati dalam melakukan bisnis di dunia maya karena kita tidak tahu siapa saja yang sedang mengincar kita.

Perlindungan terhebat yang takkan ada duanya adalah perlindungan dari Allah SWT, jadi tetaplah berdo'a agar diberikan perlindungan dari kejahatan yang tidak kita ketahui.

Wirausahakan Updated at: 1:11 AM

0 komentar:

Post a Comment