Definisi Sukses dan Kaya Raya, Mana Pilihan Anda?

Apa itu sukses? Apakah sukses berarti kita punya banyak uang di tabungan? Punya rumah mewah dengan interior mahal di dalamnya? Punya bisnis yang berkembang pesat dengan banyak karyawan di dalamnya? Atau bahkan ada sebagian orang yang mendefinisikan sukses dengan hanya rumah permanen yang dindingnya tak lagi berbahan kayu namun sudah diganti dengan dinding bata yang lebih kokoh.

Sukses itu berhasil, dan keberhasilan adalah sebuah tujuan akhir dari perjuangan masing-masing individu maupun organisasi. Lalu bagaimana jika tujuan sudah berhasil? Sebagian besar akan membuat tujuan lainnya dan mereka jadi kelompok yang belum sukses lagi, sementara tak jarang mereka berhenti membuat tujuan lain dan memilih untuk menikmati perjuangannya.

Waktu terus berjalan!

Bisa anda bayangkan ketika anda sukses mencapai tujuan, lalu anda berhenti melakukan inovasi dan target berikutnya karena anda masih menikmati hasil kerja keras anda sebelumnya. Lalu waktu berjalan dan kemudian apa yang anda raih ternyata sudah ketinggalan jaman, sudah banyak yang melampaui target anda.

Ketika anda memulainya lagi, memperjuangkan target baru anda, ternyata semua itu berat dan membuat anda kesulitan untuk mendapatkan moment seperti sebelumnya. Anda tidak lagi seorang yang sukses, anda sudah gagal.

Sukses sudah pasti kaya raya, namun kaya raya belum tentu sukses!


Betapa banyak orang yang hanya ingin kaya raya dan tak mengerti definisi sukses yang sebenarnya, mereka bekerja keras untuk memperkaya diri dengan harapan yang hanya khayalan. Mereka pikir, orang kaya itu enak hidupnya, tinggal santai menikmati kekayaan tanpa bekerja lagi. Benarkah?

Jika benar kaya raya itu adalah kesuksesan, kenapa Bill Gates masih terus bekerja? Kenapa Mark Zuckerberg masih mengurusi facebook miliknya? Kenapa para pengusaha masih terus mengembangkan bisnisnya? Bukankah mereka sudah kaya dan tinggal menikmati kekayaannya yang tak habis meski mereka tak lagi bekerja?!

Kekayaan hanyalah hiasan dari sebuah kesuksesan seseorang!

Tahukah anda bahwa ada orang miskin yang sukses? Salah satu dari mereka adalah para ustad. Mereka hidup dengan sangat sederhana, bahkan bisa dibilang miskin. Namun mereka sukses mendidik santrinya, menjadikan mereka pintar dan tahu tentang ilmu agama. Setelah mereka dewasa, ilmu itu diturunkan kepada orang lain terus menerus. Sang ustad yang miskin itu sukses membagi ilmu yang berguna kepada banyak orang.

Saya sering bertanya pada diri sendiri, apakah saya mengejar kesuksesan atau hanya kekayaan semata? Kadang saya sadar bahwa hidup ini penuh dengan perjuangan, kadang saya sukses menghadapinya, kadang saya gagal. Namun tak jarang, otak saya hanya memikirkan tentang uang, uang, dan uang. Itu adalah hal yang sangat menyebalkan, karena hidup saya sungguh tak tenang!

Impian sukses si A berbeda dengan impian sukses si B.

Si A bermimpi untuk menjadi pejabat, dan si B bermimpi untuk menjadi seorang pedagang di pasar. Jika keduanya bersama, orang akan menilai si A berhasil jadi orang sukses, dan si B adalah seorang yang gagal. Betul begitu?!

Apa tujuan sukses anda saat ini?

Wirausahakan Updated at: 2:20 AM

0 komentar:

Post a Comment