Cara Orang Sok Kaya Mengelola Keuangan Mereka

Di dunia ini ada orang kaya dan orang sok kaya, keduanya berbeda jauh dan sangat bertentangan baik dari kekayaan maupun tampilannya. Orang kaya berusaha memperkaya diri, dan orang sok kaya berusaha menunjukkan dirinya kaya kepada orang lain. Orang kaya diakui oleh orang lain, namun orang sok kaya menginginkan untuk diakui kekayaannya.


Nah, kali ini saya berkesempatan untuk menginformasikan bagaimana hebatnya orang-orang sok kaya dalam mengelola keuangan mereka agar terlihat kaya raya dan diakui oleh orang lain. Bagi anda yang memang benar-benar ingin sukses dan kaya raya, ada baiknya anda tidak melakukan hal bodoh seperti ini.

Cara orang sok kaya mengelola keuangan mereka :

1. Hobinya menghamburkan uang
Kembali lagi seperti yang saya katakan di atas tadi, kebanyakan orang sok kaya akan berlomba-lomba membeli produk mahal baru yang ada di pasaran untuk pamer. Hal tersebut adalah sesuatu yang mejadi budaya dan sangat merugikan.

Sebagai informasi saja, orang-orang kaya di dunia seperti Mark, Bill, Warren Buffet, Larry Page, dan lain sebagainya bahkan hidup dengan sederhana dan terlihat seperti orang biasa, namun semua orang tetap tahu bahwa mereka kaya raya.

2. Tidak mengetahui kondisi keuangannya sendiri
Sudah rajin menghamburkan uang, namun tidak tahu berapa daya mereka. Ini yang sering disebut dengan "besar pasak daripada tiang", namun mereka tak mengerti sama sekali. Gaji cuma kisaran Rp 10 jutaan, namun punya cicilan rumah, mobil, motor, bank, dan lain sebagainya yang kalau mereka sadar maka mereka akan menyadari bahwa gaji mereka sudah habis sebelum diterima, namun mereka tak mau tahu.

3. Menunda tagihannya dan mendapat denda
Jika memiliki tagihan, biasanya orang kaya akan membayarnya tepat waktu hanya untuk menghindari denda yang ada. Namun bagi orang sok kaya, mereka terbiasa mengutamakan foya-foya ketimbang kebutuhan utama, sehingga tak jarang orang ini akan terlilit hutang dan membayar lebih banyak.

4. Terlalu puas diri
Jika anda diberi uang 50 juta untuk biaya hidup 1 tahun, mungkinkah uang  tersebut cukup atau lebih? Dengan harga kebutuhan yang semakin mahal dan banyaknya kebutuhan, saya pikir uang sebanyak itu hanya cukup untuk sebagian orang saja.

Uang tidak bertambah jika anda membiarkannya saja, dan itulah kenapa orang-orang kaya masih tetap bekerja demi mempertahankan kekayaannya tersebut.

5. Tidak punya tabungan
Mohon maaf saja, saya banyak menemui orang yang lebih suka membeli kemewahan yang menurut saya tidak terlalu penting ketimbang menabung. Mereka pikir barang-barang mewahnya adalah aset, namun nyatanya hanya kumpulan sampah yang tidak terlalu penting sama sekali, jika dijual harganya juga sangat murah dan merugikan.
Tidak ada yang salah dengan menabung karena suatu ketika kita akan membutuhkan uang dalam jumlah banyak tentunya.

6. Keungannya tidak terencana
Orang sok kaya selalu berkata "yang penting yakin", namun mereka tak berbuat apapun untuk keyakinannya tersebut. Sementara orang kaya akan berusaha keras untuk mengatur keuangan mereka dan tanpa disadari mereka punya keuangan yang baik karena kerja kerasnya itu.

Wirausahakan Updated at: 8:59 PM

1 komentar:

  1. poin no 5 sangat membantu, intinya kita harus bisa menabung sedini mungkin

    ReplyDelete