7 Tips Strategi Investasi Saham dari Warren Buffet

Warren Buffet merupakan salah satu ikon investor tersukses yang ada di dunia saat ini, dan dia adalah salah satu orang yang sering diikuti oleh para investor muda di dunia yang ingin sukses besar sepertinya. Orang Amerika yang satu ini merupakan salah satu orang tersukses sepanjang sejarah yang ternyata hidup dengan sederhana.


Warren Buffet pernah menjadi orang terkaya di dunia pada tahun 2008 sebelum akhirnya digeser lagi oleh Bill Gates. Saat ini Warren Buffet menempati posisi ke-2 sebagai orang terkaya di dunia versi majalah Hurun (China).
Ada banyak hal unik tentang Warren Buffet, salah satunya adalah fakta yang menyebutkan bahwa orang kaya yang satu ini bahkan tidak memiliki handphone dan komputer.
Kali ini ada tips yang diberikan oleh Warren Buffet untuk anda yang ingin sukses dalam investasi saham, strategi yang dia gunakan selama ini untuk mendapatkan kesuksesan dan kekayaannya. Berikut adalah 7 tips strategi investasi saham ala Warren Buffet :

1. Fokus pada apa yang diketahui
WB punya banyak investasi pada asuransi, industri, real estate, transportasi, retail, perhiasan, furniture, dan lain sebagainya. Dia mengambil jenis investasi tersebut bukan hanya karena menguntungkan, namun karena dia memahaminya setelah mempelajarinya lama.

2. Punya pandangan jangka panjang
Warren Buffet tak mau berinvestasi pada perusahaan yang menawarkan rencana jangka pendek saja, dia selalu memandang jauh ke depan. Dia mau bersusah payah selama bertahun-tahun, karena dia yakin dalam jangka waktu sekian tahun, keuntungannya akan berlipat ganda.
 
3. Jangan berinvestasi pada manajemen yang buruk
seperti ucapannya "butuh 20 tahun untuk membangun reputasi, dan 5 menit untuk menghancurkannya". Dia tak ingin bekerja sama dengan orang-orang yang buruk, dia adalah seorang yang pemilih dan menginginkan hal yang sempurna sesuai keinginannya.
 
4. Siap berbuat nekad
Strategi yang dipegang WB adalah "takut ketika orang lain serakah, dan serakah ketika orang lain takut". Dia mampu bertahan ketika keadaan memburuk, dan hal itu adalah tindakan yang cukup menakjubkan ketika banyak orang panik.
 
5. Mulai investasi dengan nilai yang tepat dan logis
WB sangat memperhatikan hutang perusahaan dimana dia akan berinvestasi, menurutnya ketepatan penggunaan uang merupakan salah satu kunci suksesnya selama ini.
 
6. Punya tabungan
Ketika terjadi kekacauan dan banyak investor yang menjual sahamnya dengan harga murah, WB dengan percaya diri membelinya seakan dia tetap punya dana yang banyak. Ternyata dia punya stok uang untuk mengatasi keadaan seperti itu, saat orang takut, dia serakah membeli ketakutan mereka.

7. Pandai mengatur waktu
Warren Buffet mau bersabar dengan membeli saham perlahan tanpa memborongnya langsung, dia juga tahu kapan harus mengalah ketika melakukan kesalahan dalam bisnis. Salah satu kesalahan investor muda adalah mengikuti nafsu dan perasaannya saja tanpa mau memikirkan kenyataan.

Wirausahakan Updated at: 10:26 PM

0 komentar:

Post a Comment