Informasi Penting Tentang Bisnis Apotek yang Harus Diketahui

Apotek atau toko obat merupakan salah satu jenis usaha (ingat ya "Usaha") yang saat ini banyak dijalankan oleh orang-orang yang ahli dalam dunia kesehatan. Terkadang saya pernah berfikir suatu ketika ingin memiliki bisnis apotek ini, pasalnya orang-orang yang sakit tentunya membutuhkan obat dan jarang sekali saya lihat ada pembeli yang menawar saat membeli obat di apotek.


Ternyata bisnis yang satu ini juga termasuk menguntungkan loh, meski untuk memulainya cukup ribet karena ada banyak sekali syarat dan modalnya cukup besar. Saya pernah membaca suatu pengakuan dari pemilik apotek kecil, dia bisa mendapat keuntungan hingga 15 juta per bulan, dan itu adalah keuntungan bersih yang sudah dikurangi biaya gaji karyawan dan pengeluaran lainnya.

Bagi anda yang ingin membuka apotek, ada beberapa hal penting yang perlu anda perhatikan sejak awal, berikut adalah hal-hal penting terkait pendirian apotek yang harus anda tah,

Izin mendirikan apotek diatur dalam undang-undang yang ketat, diantaranya :
  • Undang-undang Obat keras (St. 1937 No. 541)
  • undang-undang Nomor 23 tahun 1992 tentang kesehatan
  • Undang-undang Nomor 5 tahun 1997 tentang psikotropika
dan berbagai jenis undang-undang lainnya yang mengatur dengan ketat penjualan obat di masyarakat.

Persyaratan pendirian apotek tidak seperti pendirian bangunan atau toko, ada banyak syarat yang haru dipenuhi seperti :
  • Surat izin permohonan usaha pendirian apotek (syaratnya ada banyak)
  • Surat perjanjian apoteker tidak terlibat UU kefarmasian bermaterai 6000
  • Surat perjanjian Akta notaris apoteker dengan PSA (pemilik sarana apoteker)
dan berbagai syarat lainnya yang dibutuhkan dan wajib dipenuhi oleh pemilik apotek yang hendak membuka bisnis yang satu ini.

Untuk pengajuannya saja, memerlukan mekanisme yang cukup panjang, yaitu dengan pengajuan berkas permohonan, pemeriksaan, servey lapangan, penetapan SKRD, proses izin, pembayaran, dan penyerahan izin pendirian apotek.

Setelah apotek berdiri, ternyata bisnis ini juga penuh dengan persaingan yang ketat mengingat saat ini ada banyak sekali apotek yang tersebar di Indonesia. Setidaknya kita harus siap untuk survei lapangan, menyesuaikan lokasi yang tepat, modal yang cukup kisaran 50-100 juta untuk apotek kecil, dan strategi bisnis yang hampir mirip dengan bisnis jenis lainnya.

Bagi saya pribadi, persyaratannya cukup ribet dan tentunya harus memiliki pengetahuan di dalam bidang apoteker. Kalau orang umum tanpa pengetahuan tentang apoteker, ada baiknya bekerja sama dulu agar bisa membuka bisnis yang satu ini.

Wirausahakan Updated at: 3:16 AM

0 komentar:

Post a Comment