Tips Sederhana yang Ampuh Memotivasi Semangat Karyawan

Berawal dari pengakuan teman saya yang bekerja sebagai marketing dan cerita tentang sales yang cukup menyedihkan, akhirnya saya tergerak untuk menuliskan artikel berjudul "Tips Sederhana yang Ampuh Memotivasi Semangat Karyawan" ini.


Jadi ceritanya, teman saya yang dulu bekerja di sebuah agen penjualan parabola tidak bisa meraih target penjualan, dan dia dimaki-maki oleh bosnya secara tidak manusiawi sebelum akhirnya dipecat. Lalu ada pula yang kemudian diperlakukan secara kasar ketika targetnya tidak tercapai, entah dengan serangan kata-kata maupun fisik sekalipun.

Hal seperti itu sangat salah dilakukan oleh seorang atasan, bukannya karyawan anda akan semakin semangat kerja, namun mereka akan segera memberontak dan merasa dendam kepada anda, hati-hatilah!

Sebenarnya ada cara yang lebih baik untuk bisa memacu semangat karyawan anda dalam bekerja keras dan menggapai target mereka. Cara yang sangat sederhana dan tentu saja manusiawi, berikut adalah cara sederhana memotivasi karyawan anda :

1. Jadilah teman mereka
Meskipun anda adalah bos dan karyawan anda bawahan, namun sebenarnya kalian adalah sama, manusia yang punya hak masing-masing. Ada baiknya anda berteman dengan mereka, meski anda juga harus tetap menjaga profesionalisme kerja.

Tidak ada salahnya jika anda mendatangi rumah karyawan anda, karena saya pernah mendengar seorang pegawai yang merasa sangat bangga ketika bosnya mau mampir ke rumahnya.

2. Dengarkan karyawan anda
Setiap orang punya idenya masing-masing, namun sayang ada sebagian atasan yang tidak peduli dan merasa tidak membutuhkan masukan. Hal ini sungguh salah, karena ada banyak ide cemerlang dari bawahan anda kalau anda bisa menyortirnya dengan baik pula.

3. Berikan penghargaan atas pencapaian karyawan
Jika bulan ini karyawan anda bekerja lebih baik ketimbang bulan lalu, meski hanya karena tidak terlambat datang ke kantor saja, sanjunglah dia dan berikan penghargaan agar dia bahagia dan terus meningkatkan kinerjanya.

4. Bantu karyawan anda atas masalahnya
Kadang sebagai bawahan, kita akan merasakan kesulitan yang sangat namun bingung karena mau minta saran ke teman tidak bisa dan mau minta saran ke bos takut dimarahi. Ada baiknya anda sebagai atasan bisa membuka diri dan menanyakan masalah bawahan, berilah saran yang tepat dengan baik kepada mereka.

5. Jangan mudah marah
Meski kadang ada karyawan yang menyebalkan dan seenaknya sendiri, jangan lampiaskan amarah anda secara berlebihan karena hal itu akan membuat anda terlihat buruk di mata pegawai anda sendiri.

6. Jadilah contoh yang baik
Jika anda ingin punya karyawan yang patuh pada aturan, maka anda harus memberinya contoh yang baik pula. Dan hal ini berlaku untuk berbagai hal di bisnis anda tentunya.

7. Berikan bonus yang adil
Jika karyawan meraih targetnya, berikan bonus yang anda janjikan secara adil dan bijaksana, hal ini demi menghindari kecemburuan antar karyawan.

Wirausahakan Updated at: 12:59 AM

0 komentar:

Post a Comment