Pembangunan Jalan Trans Papua Jadi Bukti Nyata Kinerja Pemerintahan Jokowi?

Pemerintahan Jokowi tidak main-main dengan pembangunan yang mereka rencanakan saat ini, banyak sekali pembangunan yang benar-benar dijalankan di berbagai daerah di Indonesia. Begitu pula dengan daerah paling timur di Indonesia, yaitu Papua. Salah satu daerah yang masih tertinggal jauh dibandingkan dengan daerah NKRI di wilayah barat maupun tengah, padahal di dalam wilayah Papua terdapat banyak sekali potensi kekayaan yang bisa dimaksimalkan oleh pemerintah Indonesia.


Pembangunan jalan trans Papua yang akan menghubungkan daerah Sorong di Papua Barat hingga ke Merauke di Papua ujung timur merupakan salah satu bentuk nyata dari pembangunan pada masa kepemimpinan presiden Joko Widodo.

Jalur yang jaraknya mencapai 4.330,7 km ini dibangun dengan cara yang benar-benar menakjubkan menurut saya, pasalnya jalan trans Papua ini dibangun dengan menembus hutan belantara, gunung dan bukit terjal, hutan yang masih liar, dan sungai-sungai deras yang ada di dalamnya. Bahkan dinas PU yang mengerjakan pembangunan ini juga membangun jembatan untuk menghubungkan jalan.

Dengan biaya mencapai triliunan Rupiah, Presiden Jokowi bersama para menteri berharap Papua bisa merasakan pembangunan seperti di wilayah Indonesia lainnya. Ini merupakan salah satu program yang diusung oleh Presiden Jokowi dan para kabinetnya guna menyeimbangkan seluruh wilayah NKRI.

Kedepannya akan dibangun berbagai hal seperti perumahan dan pemukiman baru, lalu tempat wisata yang diharapkan akan memberikan banyak keuntungan untuk masyarakat sekitar dan juga pemerintah Indonesia. Ini merupakan salah satu wujud investasi jangka panjang yang dilakukan oleh pemerintah.

Menurut berita yang saya baca, pembangunan di tahun 2016 sudah hampir selesai dan hanya menyisakan beberapa ratus kilometer saja. Tentu target di tahun 2019 untuk merampungkan jalur trans Papua ini diharapkan tepat waktu dengan tetap mengedepankan faktor keamanan di dalamnya.

Pembangunan ini masih menjadi pro-kontra di masyarakat, ada pihak yang bersyukur dengan pembangunan ini dan berterima kasih kepada para pejabat yang benar-benar bekerja, namun ada pula yang masih berfikir jelek dengan pembangunan ini dengan mengaitkannya atas dasar isu politik.

Saya pribadi berharap banyak kepada pemerintahan presiden Jokowi dan kabinetnya agar benar-benar menepati janji untuk merampungkan jalan trans Papua ini. Karena menurut saya, ke depannya Papua bisa menjadi lebih terbuka untuk para investor dan pengusaha lain guna bisa memaksimalkan kekayaan alam di dalamnya.

Semoga dengan perkembangan ini, ke depannya freeport bisa segera angkat kaki dan kekayaan alam Indonesia bisa dimaksimalkan pemanfaatannya, dari rakyat oleh rakyat dan untuk rakyat.

Wirausahakan Updated at: 8:19 PM

0 komentar:

Post a Comment