Inilah Hal Penting dan Biaya Kartu Kredit yang Harus Anda Tahu

Kartu kredit merupakan salah satu sistem keunganan modern yang saat ini banyak digunakan oleh orang-orang di seluruh dunia. Berbeda dengan kartu debit yang hanya bisa digunakan (uangnya) jika di dalam rekening anda terdapat saldonya, kartu kredit bisa anda pakai meski anda tidak memiliki saldo tabungan sekalipun.


Kalau menurut nalar saya yang masih awam ini, sistem kartu kredit ini seperti sistem bisnis utang-piutang yang dibuat dengan sedemikian nyamannya dan modern menggunakan teknologi yang canggih.

Sebelum menggunakan kartu kredit, ada baiknya anda mengetahui seluk beluk dan kegunaan kartu kredit yang sesungguhnya. Paling tidak anda mengerti aturan dan jenis biayanya, manfaatnya, dan jenis yang sesuai dengan kebutuhan. Selain itu, anda juga harus memperhatikan biaya yang dibebankan kepada anda. Ada baiknya dalam pembayaran, anda membayarnya secara penuh agar tidak terkena biaya tambahan.

Biasanya pengguna kartu kredit akan menggunakan alat ini untuk bertransaksi dan seenaknya sendiri, jangan sampai terkenal limit atau bahkan berurusan dengan tagihan yang tidak terduga.

Nah ngomong-ngomong masalah biaya kartu kredit, setidaknya ada 6 poin biaya yang siap-siap anda tanggung jika menggunakan kartu kredit. Berikut adalah informasi singkatnya :
  1. Biaya bunga, diatur oleh BI dan bisa berubah-ubah. Untuk menghindari biaya ini, ada baiknya anda membayar secara kontan tanpa mencicilnya.
  2. Biaya Overlimit, disebabkan oleh pemakaian yang melebihi batas pemakaian yang sudah ditentukan di awal. Ada baiknya anda lebih hemat dalam memakai uang "pinjaman" itu.
  3. Biaya tarik tunai, jika anda menarik uang di ATM bank yang bekerja sama dengan kartu kredit anda, ada biaya hingga 6% yang akan dibebankan kepada anda.
  4. Biaya tahunan, disesuaikan dengan jenis kartu kredit seperti gold, silver, classic, platinum, dengan jumlah yang beragam
  5. Biaya materai, akan dibebankan ketika anda menggunakan dana di atas 250 ribu, materai yang digunakan juga berbeda, ada yang 3 ribu ada yang 6 ribu
  6. Biaya denda, disebabkan karena keterlambatan pembayaran yang besarnya mencapai 3% atau lebih.
Nah ada baiknya jika anda ingin membuat kartu kredit, pikirkan manfaat yang akan anda dapatkan darinya, apakah besar atau hanya sekedar ajang gengsi saja.

Wirausahakan Updated at: 1:49 AM

0 komentar:

Post a Comment