Inilah 10 Hal yang Membuat Tubuh Kurang Bugar Saat Bekerja

Saya sering mengalami kemalasan yang sangat kuat saat sedang jualan di toko, dan hal itu sungguh mengganggu produktivitas kerja saya, apalagi ditambah dengan beberapa masalah kecil yang nyatanya bisa terasa sangat menyulitkan karena kondisi fisik saya yang kurang baik. Lalu saya mecoba mencari tahu tentang masalah ini, dan hasilnya adalah itu kesalahan saya sendiri.


Ternyata saya memiliki gaya hidup yang kurang sehat dan menyebabkan tubuh terasa tidak enak badan dan kurang bugar setiap harinya, hal ini berbahaya jika dibiarkan terus menerus tentunya. Apa saja hal-hal yang menyebabkan kondisi tubuh kurang bugar dan semangat saat bekerja? Berikut adalah ulasannya :

1. Saya jarang bangun pagi
Terkadang saya baru bisa tidur ketika sudah sholat subuh, dan bangun siang hari dimana tubuh rasanya sangat sakit dan tidak punya gairah bekerja sama sekali.

Ternyata bangun pagi sangat berpengaruh dengan pola hidup sehat yang baik, untuk itu biasakanlah bangun sepagi mungkin tanpa tidur lagi.

2. Olahraga yang kurang
Setelah saya keluar dari klub sepakbola di tempat tinggal saya dan memutuskan untuk fokus pada usaha saya, praktis saya tidak pernah olahraga lagi dan hal ini yang membuat saya kurang fit setiap harinya karena kurang olahraga.

3. Jarang sarapan pagi
Pola hidup saya memang kurang sehat karena sehabis bangun pagi, terkadang saya langsung minum kopi yang menyebabkan saya tidak nafsu makan dan hal itu membuat tubuh saya lemas pada saat dibawa bekerja.

Saat ini saya merubah pola hidup itu dengan memaksakan sarapan pagi meski hanya sedikit saja, yang penting ada makanan dasar yang masuk.

4. Kurang cairah tubuh
Sepanjang hari di toko, saya lebih banyak menghabiskan minuman bersoda ataupun kopi, dan saya kurang minum air putih dan apa yang terjadi? Pungguung saya terasa sangat sakit.

Sejak saat itu, saya mengurangi minuman seperti kopi ataupun soda, dan memperbanyak minum air putih.

5. Terlalu lama duduk
Dulu saya bisa menghabiskan waktu berjam-jam duduk di depan laptop untuk bekerja, namun saat ini saya meninggalkan kebiasaan buruk itu dan sesekali berjalan-jalan kecil agar bisa bergerak.

Toh nyatanya duduk terlalu lama sangat berbahaya, simak tulisan saya tentang 10 resiko penyakit yang timbul karena kelamaan duduk

6. Pola makan yang tidak teratur
Sarapan pagi yang terlambat akhirnya membuat saya baru makan besar pada jam makan siang, dan jam makan siang berubah ke jam makan malam, dan seterusnya sehingga saya mengalami nyeri di perut.

Saat ini saya coba mengatur jadwal makan yang tepat, sarapan pagi jam 7-9, makan siang jam 12-2, dan makan malam sekitar jam 7 malam.

7. Jarang mandi
xixixi mungkin ini salah satu kebiasaan buruk saya yang susah dihilangkan, karena rumah saya yang ada di pegunungan, jika malam tiba rasanya malas mandi

Hasilnya tubuh terasa lengket, pegal, dan terkadang gatal ketika hendak tidur.

8. Terlalu sering menggunakan gadjet
Smartphone dan laptop adalah 2 hal yang sulit saya jauhi, selain karena kebutuhan, saya juga termasuk orang yang kepo dengan berbagai hal yang ada di internet.

Namun karena pernah mengalami sakit akibat hal ini, kini saya sedikit mengurangi pandangan terhadap layar gadjet itu dan memberikan waktu istirahat untuk mata.

9. Kurang asupan gizi
Terkadang saya tidak mempedulikan apa yang saya makan dan itu sangat berpengaruh dengan kondisi tubuh saya. Bukan kurang gizi karena kurang makan, namun lebih ke pola makanan sehat yang saya konsumsi.

Saya mengusahakan makan sayur, buah, daging, susu, dan beberapa makanan bergizi lainnya untuk menghindari kekurangan gizi.

10. Kurang tidur
Ini masalah klasik saya dimana tidur adalah hal yang sangat langka untuk saya, bayangkan saja ketika saya mengalami insomnia parah dan baru bisa tidur di waktu subuh, buset nelangsa banget gan. Saat ini saya menghindari kopi di malam hari agar bisa tidur dengan nyenyak tentunya.

Wirausahakan Updated at: 1:31 AM

0 komentar:

Post a Comment