Bukan Dengan Menaikkan Gaji, 5 Cara Sederhana Ini Bisa Meningkatkan Kepuasan Karyawan

Karyawan anda adalah aset yang sangat berharga untuk anda dan untuk bisnis anda, kenapa saya mengatakan begitu? Faktanya, anda tidak bisa sesukses seperti saat ini jika bukan karena bantuan dari para karyawan anda, bukan! Untuk itulah, mau tidak mau anda sebagai seorang pengusaha harus menjaga karyawan anda agar tidak hengkang ke tempat lain, dan meninggalkan masalah untuk anda dan bisnis anda karena kepergiannya.


Terkadang banyak bos yang mengira bahwa menaikkan gaji adalah satu-satunya cara untuk meningkatkan kepuasan karyawan dan membuat mereka semakin loyal kepada anda. Namun nyatanya hal seperti itu salah kaprah. Buktinya, ketika anda menaikkan gaji pada bulan ini, bukan tidak mungkin 3 bulan ke depan mereka akan meminta kenaikan gaji lagi.

Ingatlah "jangan mengajari karyawan anda menjadi orang yang matre".

Sebenarnya para karyawan akan betah di tempat kerjanya meski memiliki gaji yang kecil sekalipun, hal ini sudah sering saya temui sendiri. Teman-teman saya mendapatkan gaji yang lebih kecil dari upah minimum di daerahnya, namun mereka tetap bertahan di tempat kerjanya, alasannya beragam, namun dari pengamatan saya, mereka betah di tempat kerja itu karena suasananya yang nyaman dan orang-orang yang menyenangkan.

Jadi kalau bukan dengan menaikkan gaji karyawan, apa yang bisa kita lakukan untuk bisa membentengi pegawai kita agar tidak keluar dari tempat usaha kita? Berikut adalah 5 hal sederhana yang akan membantu anda membentengi karyawan anda dengan meningkatkan tingkat kepuasannya di tempat kerja mereka :

1. Jadilah teman mereka, bukan bos
Karyawan juga manusia, mereka ingin diakui sebagai kenalan dan teman dekat anda. Ada baiknya anda memberikan sedikit perhatian sebagai seorang teman kepada para karyawan anda, hal ini sangat berpengaruh kepada emosi dari para karyawan, mereka akan merasa tidak enak kalau menyusahkan anda karena anda dianggap sahabat mereka.

Lagipula, emosi tidak akan menyelesaikan masalah dengan baik. Oleh karena itu, jika ada masalah atau anda ingin menyampaikan sesuatu, lakukan sebagai seorang teman yang mau curhat, cara ini sungguh berhasil untuk saya pribadi.

2. Jalin komunikasi yang baik
Mulailah dengar keluhan para karyawan anda, tanyakan kekurangan anda dan bisnis anda, berikan mereka kesempatan untuk memberikan kritik dan saran untuk anda.

Selain itu, anda juga bisa melakukan komunikasi yang lebih formal dengan cara memberikan survey kecil-kecilan kepada mereka, libatkan mereka untuk urusan bisnis anda.

Tak lupa, kembali ke poin 1, jadilah seorang teman. Ketika anda bertemu dengan karyawan anda, sapalah mereka dan tanyakan kabarnya, mereka akan sangat merasa dihargai hanya karena hal kecil seperti itu.

3. Utamakan kesehatan karyawan anda
Manusia memiliki masa dimana dia sakit dan tak dapat bekerja, namun ada sebagian yang memaksakan kerja hanya karena untuk mengejar target atau takut kepada atasannya, ini sungguh tidak manusiawi jika anda adalah bosnya.

Utamanakan kesehatan karyawan anda dengan baik, misalnya memberikan izin dengan mudah untuk karyawan yang sakit, membesuknya, memberikan asupan makanan yang sehat kepada karyawan lain, meningkatkan lingkungan sehat di kantor dan lain sebagainya.

4. Berikan kesempatan untuk karyawan anda mengembangkan potensinya
Saya pernah mendengar curhat dari teman yang bekerja di sebuah toko/pabrik cat, dia mengatakan bahwa setiap bulannya ada sebuah kesempatan untuk karyawan mencoba memadukan warna cat yang mereka inginkan, dan bagi yang bisa menghasilkan paduan warna yang bagus, mereka akan mendapatkan gaji tambahan.

Hal seperti ini sebenarnya dinanti-nanti karyawan, mereka juga ingin menunjukkan kemampuan mereka, anda sebagai bos harusnya bisa menjembataninya dengan baik. Lagipula, banyak bisnis yang meroket dengan cepat hanya karena penelitian singkat oleh para karyawannya loh.

5. penghargaan kecil sangat berarti
Apakah anda sering berterima kasih kepada karyawan di akhir bulan? Atau anda hanya marah-marah kepada mereka saat target anda gagal?

Anda seharusnya sedikit berterima kasih kepada karyawan anda karena mereka telah bekerja keras demi anda, demi bisnis anda, dan demi keuntungan anda. Jangan kolot dan jangan menjadi orang yang arogan kepada bawahan anda.

Tidak ada salahnya berterimakasih, meski hanya dengan ucapan, atau kalau boleh berilah sedikit bonus kepada mereka yang sudah bekerja keras.

Wirausahakan Updated at: 8:36 PM

0 komentar:

Post a Comment