Cara Saya Mengatasi Rasa Takut dan Malu Ketika Berbicara Di Depan Banyak Orang

Rasa malu dan takut adalah hal yang wajar dan ada pada setiap diri manusia, namun terkadang sifat tersebut sangat merugikan kita dalam suatu kondisi yang kita temui. Saya mengalami kejadian buruk berkali-kali ketika harus berbicara di depan umum, sifat pemalu saya membuat saya melakukan kesalahan dan rasa takut saya membuat saya tidak bisa mengeluarkan kelebihan saya ketika ada di depan umum.


Namun pengalaman buruk itu bisa saya lawan ketika saya kuliah, hal itu terjadi karena saya terpaksa harus melakukan presentasi di depan teman-teman saya. Pada awalnya saya mengalami sindrom minder di depan umum, namun lama kelamaan saya percaya diri dan bisa berbicara dengan lancar di depan umum.

Bagi seorang pengusaha, kemampuan bicara di depan umum adalah hal yang sangat penting karena dengan penguasaan kita di depan orang, maka orang akan percaya dengan kita. Misalnya saja, saya menawarkan suatu produk kepada salah seorang pelanggan, bayangkan jika saya malu dan minder, lalu saya tidak bisa menjelaskannya dengan baik? Tentu pelanggan itu akan heran dan bisa saja curiga dengan sikap saya, bukan?!

Beberapa hal yang saya lakukan untuk mengatasi ketakutan dan rasa malu saya ketika berbicara di depan orang banyak :

1. Berdo'a sebelum berbicara di depan umum
Do'a adalah suatu hal yang sangat sakral, dan saya meyakini hal itu karena saya mempraktekkannya sendiri. Sebelum saya berbicara dengan orang lain atau di depan umum, saya berdo'a kepada Allah SWT agar dibantu dan diberi kelancaran, dan alhamdulillah itu adalah modal awal yang sangat bagus untuk saya.

2. Saya memaksa diri untuk melawan rasa malu
Ketika di depan banyak orang dan mereka menatap saya, terkadang saya malu dan susah untuk bicara. Namun saya paksakan dengan sedikit basa-basi, biasanya saya menanyakan hal standar seperti "apa kabar teman-teman?", atau saya membuat suatu candaan kecil untuk memecah suasana.

3. Persiapan sebelum berbicara dengan orang banyak
Setidaknya saya menguasai beberapa hal yang hendak saya sampaikan kepada orang-orang yang ada di depan saya, hal ini sangat penting karena itu adalah modal kita di depan umum. Ketika saya menguasai apa yang hendak saya ucapkan, maka saya akan merasa percaya diri.

4. Lakukan kontak mata dengan orang-orang yang ada di depan kita
Jangan pernah menunduk apalagi melihat kertas ataupun gadjet yang anda pegang, hal itu akan membuat anda semakin minder di depan umum. Pandanglah lawan bicara kita dan tunjukkan tatapan yang meyakinkan, contohnya kepada pelanggan yang cantik, ihiirrr.

5. Tunjukkan gayamu sendiri
Tidak usah meniru gaya orang lain, lakukan apa yang anda sukai dan anda kuasai. Kalau saya suka berbicara agak cerewet dengan beberapa gerakan tangan untuk mencontohkan dan menunjukkan sesuatu, dan hal itu membuat saya tenang dan lancar dalam berbicara.

6. Sesekali berhenti bicara dan berikan kesempatan bertanya
Seperti sebuah presentasi, biasanya di belakang acara pasti ada sesi tanya-jawab. Ketika kita berbicara kepada pelanggan atau rekan bisnis, berikan waktu untuk mereka mengajukan pertanyaan atau menunjukkan sesuatu dan jawablah dengan baik.

Itulah hal-hal yang saya lakukan untuk mengatasi rasa malu dan takut ketika berbicara di depan umum, silakan praktekkan jika anda mengalami masalah kepercayaan diri seperti saya. Semoga pengalaman saya bisa menambah informasi dan membantu anda dalam berbicara dengan orang lain.

Wirausahakan Updated at: 10:13 PM

0 komentar:

Post a Comment