Cara Membuat Brosur Pengumuman Lowongan Pekerjaan yang Baik dan Benar

Apakah anda sebagai seorang pebisnis, pernah menyebar brosur atau pemberitahuan lowongan pekerjaan di tempat anda, namun hanya sedikit orang saja yang mau mendaftar kerja di tempat anda? Hal seperti itu sangat lumrah jika bisnis anda belum begitu dikenal dan tidak memiliki nama yang besar. Namun bukan hanya permasalahan terkenalnya bisnis anda, karena bisa jadi brosur lowongan kerja yang anda buat salah dan membingungkan untuk para pelamar kerja.


Dalam sebuah perekrutan karyawan, mungkin sebagian pengusaha bisa mengendalikannya, namun untuk mendatangkan pelamar kerja yang kompeten, bukan hal yang mudah apalagi saat ini banyak sekali saingan yang ada. Untuk itulah, jika anda ingin membuat sebuah brosur pengumuman lowongan pekerjaan, ada baiknya anda memperhatikan hal-hal berikut ini :

1. Identitas bisnis yang jelas
Nama perusahaan, alamat, kontak harus jelas dan mudah dipahami oleh para pembaca lowongan pekerjaan yang hendak anda bagikan.

2. Jabatan yang hendak anda tawarkan
Misalnya anda membutuhkan seorang admin, maka tulislah dengan jelas agar pelamar bisa langsung menentukan yang dia inginkan. Jika anda menawarkan lebih dari 1 lowongan, maka tulislah satu per satu dengan benar.

3. Kualifikasi yang anda inginkan
Tulislah syarat-syarat yang anda harapkan dari pelamar kerja, misalnya minimal pendidikan, bidang yang anda butuhkan, kompetensi lainnya, dan berbagai syarat yang anda butuhkan.

4. Persyaratan yang tidak memberatkan
Beberapa teman yang saya temui, tidak akan mendaftar kerja pada sebuah lowongan yang meminta syarat terlalu banyak dan susah. Cukuplah ijazah, foto, dan identitas saja

5. Jelaskan format yang anda inginkan
Apakah anda ingin soft copy yang dikirimkan melalui e-mail, atau dokumen yang dikirimkan melalui POS atau jasa pengiriman lain, jelaskan agar pelamar mudah memahaminya

Jika anda memberikan lowongan pekerjaan dengan benar dan mencetaknya pada kertas yang menarik, saya rasa akan banayk pelamar yang tertarik dengan pekerjaan di tempat bisnis anda. Apalagi jika anda menawarkan gaji yang besar tanpa syarat dan pekerjaan yang tidak terlalu berat.

Berikut ini adalah contoh brosur pengumuman untuk sebuah lowongan pekerjaan yang bisa anda gunakan sebagai referensi dalam menuliskan pengumuman lowongan kerja :

PT Suka Mundur, adalah perusahaan pemasaran di Bandung, kami sedang membutuhkan tenaga profesional untuk mengisi posisi berikut:

Sales pengiriman

Tanggung Jawab :
Melaksanakan tugas pengiriman produk ke berbagai kota

Kualifikasi :
Pria
SMK Sederajat
Memiliki sepeda motor dan SIM
Mampu bekerja di bawah tekanan
Jujur, bertanggung jawab dan dapat dipercaya
Usia di bawah 30 tahun
Mau ditempatkan di daerah

Kirim surat lamaran kerja, CV, foto kopi KTP, dan foto 4×6 terbaru dalam bentuk soft copy melalui alamat email berikut : wirausahakan@gmail.com

PT Suka Mundur, JL. Kenangan, Perum mantan, Bandung, Jawa Barat (Telp : 02xxyyyzzz)

Wirausahakan Updated at: 12:40 AM

0 komentar:

Post a Comment