Mau Mencari Karyawan Baru? Ini 10 Contoh Pertanyaan Wawancara Kerjanya

Apakah anda seorang pengusaha yang memiliki bisnis yang sedang berkembang dan membutuhkan karyawan baru untuk membantu pekerjaan anda? Kalau begitu anda perlu menyiapkan beberapa pertanyaan yang digunakan saat wawancara kerja. Hal ini sangat penting untuk bisa mengetahui karakter dan tujuan calon pegawai baru anda tersebut, dan hal seperti ini sudah dilakukan oleh banyak perusahaan besar lainnya.


Tentu saja anda tidak ingin menerma pekerja baru tanpa tahu latar belakang dan karakternya bukan? Paling tidak anda bisa mengetahui bagaimana kepribadian orang itu meski sedikit, hal ini digunakan untuk pertimbangan menerimanya. Sebagai informasi tambahan, berikut adalah beberapa contoh pertanyaan kerja beserta jawabannya kala anda menerima karyawan baru :

1. Kenapa waktu sekolah / kuliah, anda mengambil jurusan tersebut?
Jawaban yang baik : saya menyukai jurusan ini dan saya ingin menambah wawasan saya
Jawaban yang kurang baik : saya terpaksa ikut orang tua, saya terpaksa karena tidak ada jurusan lain yang cocok

2. Bagaimana anda membayar biaya pendidikan anda dulu?
Jawaban yang baik : saya dibiayai orang tua, dan saya sebisa mungkin membantu mereka
Jawaban kurang baik : Itu sudah tanggung jawab orang tua saya

3. Bagaimana penilaian anda terhadap sebuah pekerjaan?
Jawaban yang baik : pekerjaan adalah praktek saya untuk menunjukkan kapasitas, bukan semata-mata tentang gaji saja
Jawaban kurang baik : pekerjaan adalah jalan mendapatkan gaji dan tunjangan

4. Sebutkan kelebihan dan kekurangan anda
Jawaban baik : saya rajin, tepat waktu, dan jujur, namun saya kurang cepat memahami sesuatu
Jawaban kurang baik : saya memiliki banyak kelebihan dan kekurangan saya tidak ada

5. Bagaimana hubungan anda dengan orang terdekat?
Jawaban yang baik : saya menjalin hubungan baik dengan orang-orang di sekitar saya
Jawaban buruk : saya penyendiri dan tak punya teman, mereka semua suci saya berdosa

6. Seberapa baik anda dalam bekerja sama?
Jawaban baik : Saya bisa bekerja sama dengan tim asalkan sesuai dengan aturan
Jawaban kurang baik : saya tidak membutuhkan bantuan orang lain

7. Jika anda mendapatkan tekanan kerja, apa yang anda lakukan?
Jawaban baik : tekanan kerja adalah hal yang wajar, saya akan berusaha menerimanya dengan positif
Jawaban kurang baik : saya ajak ribut atasan yang cerewet

8. Bagaimana tanggapan anda terhadap sebuah kritik?
Jawaban yang baik : kritik yang membangun akan saya tampung, kritik yang sembarangan akan saya acuhkan
Jawaban kurang baik : saya sungguh tidak suka dikritik sedikitpun

9. Kenapa anda keluar dari pekerjaan sebelumnya?
Jawaban yang baik : saya ingin mencari suasana dan tantangan kerja yang baru, terlepas dari apa yang saya alami dari tempat kerja sebelumnya
Jawaban kurang baik : saya bermasalah dengan pekerjaan sebelumnya, mereka blablabla (menjelek-jelekkan pihak lain)

10. Berapa gaji yang anda inginkan?
Jawaban yang baik : sebelumnya saya digaji sebesar x, saya berharap bisa mendapatkan gaji xx, namun kembali lagi kepada kebijakan perusahaan
Jawaban buruk : gaji saya harus lebih besar dari gaji karyawan senior lainnya

Wirausahakan Updated at: 7:31 PM

0 komentar:

Post a Comment