Tips Sederhana Bisnis Online : Sisa Ongkir Membawa Rejeki Tambahan!

Beberapa waktu yang lalu saya pernah mendapati sebuah postingan di internet, kalau tidak salah tentang pengiriman barang dari Jepang, dalam foto itu ada beberapa uang koin dan permintaan maaf dari penjual yang mengklaim bahwa mereka berbuat salah karena ternyata ongkos kirimnya lebih, jadi mereka kembalikan kepada pembeli.


Kemudian saya terinspirasi dengan sistem bisnis yang satu ini, hal ini karena saya sering mengalami kejadian seperti ini, biasanya ada sisa ongkos kirim di kisaran ribuan bahkan kadang puluhan ribu, tak jarang pula saya yang tombok karena ternyata ongkos kirimnya lebih mahal, yah ini adalah salah satu masalah dalam bisnis online yang terkadang disepelekan.

Saya mencoba meniru penjual itu, beberapa kali saya memasukkan kembali sisa ongkos kirim yang diberikan oleh pembeli, kadang hanya 1-2 ribu, kadang sampai 10 ribu. Dan apa yang terjadi? Petugas pengiriman menertawakan tindakan konyol saya, mereka mengatakan "ambil aja napa mas sisa ongkirnya, uang segitu juga, masa iya yang beli mau minta dibalikkin", sambil tertawa mereka berkata seperti itu. Lalu saya hanya tersenyum dan menjawab "hehe, itu bukan hak saya mba, jadi mending dibalikin aja".

Nah setelah beberapa kali melakukan hal sederhana seperti ini, ternyata ada balasan yang saya terima, dan ini merupakan balasan yang baik loh. Ada salah satu pembeli yang kemudian mendo'akan saya agar bisnis saya sukses terus, tak lupa beliau juga mempromosikan bisnis saya dengan kemauannya sendiri, yah itu merupakan salah satu hal menyenangkan untuk seorang penjual, apalagi ini adalah bisnis online dimana kepercayaan penjual sangat penting untuk keberlangsungan bisnisnya. Saya masih ingat ketika pembeli ini kemudian berkata kepada teman-temannya "beli di sini saja, penjualnya terpercaya" dan kemudian beberapa orang memesan barang kepada saya.

Lalu ada lagi pengalaman yang cukup unik, ketika ada pembeli yang mengirimkan uang pembayaran beserta ongkos kirim, ternyata ongkirnya kurang karena kesalahan saya, kalau tidak salah sekitar 14 ribu. Kemudian saya menghubunginya, saya mengucapkan permintaan maaf karena salah hitung ongkir dan kemudian saya tidak mengharapkannya untuk menambah ongkir lagi karena itu kesalahan saya, namun apa yang terjadi? Dia mengirimkan kekurangan ongkirnya, ditambahin lagi uangnya, dia bilang kalau kelebihan uangnya buat saya saja, untuk tambahan transport, Alhamdulillah.

Untuk kalian yang kini sedang bisnis online, mungkin beberapa kali kalian akan mendapati sisa ongkir yang jumlahnya tidak seberapa, mau dikirim balik juga gak bisa kalau lewat transfer bank. Alangkah baiknya kalau dikembalikan saja, jangan bilang sama yang pesen karena mereka tidak mau menerimanya, yah mungkin mereka menganggap sisa ongkir yang uang receh itu tak terlalu berharga. Namun percayalah kalau uang receh itu adalah penambah rejeki dan kepercayaan pelanggan, coba aja!

Wirausahakan Updated at: 12:18 AM

0 komentar:

Post a Comment