Peluang Bisnis Budidaya Merica Mudah & Menguntungkan

Merica atau Lada merupakan salah satu tanaman rempah menjalar yang menghasilkan buah merica, buah yang berbentuk bulat kecil ini biasa digunakan sebagai bahan bumbu masakan yang pedas. Saat ini olahan dari lada banyak sekali macamnya, anda bisa menemukan hampir di semua toko pasti menjual salah satu olahan merica seperti lada bubuk, lada putih, dan lain sebagainya.


Akhir-akhir ini di lingkungan tempat tinggal saya banyak sekali petani yang merubah lahannya sebagai perkebunan merica, hal ini tidak terlepas dari cerita tetangga yang berhasil mendapatkan penjualan merica hingga puluhan juta hanya dalam waktu beberapa bulan saja. Yah, memang saat ini harga merica memang melambung tinggi, dari pantauan saya harganya bisa mencapai 150 ribu bahkan sempat mencapai 200 ribu per kilonya. Bayangkan jika 1 pohon merica menghasilkan minimal 1 kg dan sang petani punya ratusan pohon merica, silakan anda bayangkan sendiri.

Budidaya merica juga bukan hal yang sulit, misalnya saja anda menancapkan batang tanaman menjalar ini di tanah, niscaya bisa tumbuh loh, jadi tidak terlalu sulit untuk budidaya merica ini karena memang tanaman yang kuat dengan kondisi di negara kita. Jika anda mau mencari cara budidaya merica, di internet banyak sekali informasi terkait yang bisa anda jadikan sebagai tambahan informasi.

Perhitungan singkat jika anda punya lahan 1 hektar maka paling tidak anda bisa menanam 2.000 pohon merica, dengan teknik khusus maka dalam 8 bulan saja sudah bisa panen untuk yang pertama kalinya. Misalkan 1 pohon menghasilkan setengah kg maka anda bisa memanen sekitar 1 ton buah merica. Harga jualnya kita minimalkan jadi 100 ribu, maka berapa yang bisa anda dapatkan? Jawabannya bisa mencapai ratusan juta Rupiah!

Kalaupun anda tidak punya lahan, bisa juga memakai pot dengan media tanah yang dicampur dengan pupuk organik, tetangga saya juga memakai media pot untuk menanam merica dan yang saya lihat tanaman itu bisa tumbuh subur meski tidak terlalu tinggi. Ini merupakan salah satu cara kreatif untuk menanggulangi lahan tanam yang kurang.

Saat ini banyak sekali orang yang menjadi petani merica, selain mudah dan simpel dalam merawatnya, tanaman ini juga terbilang kuat terhadap serangan hama dan perubahan cuaca yang cukup ekstrim. Keadaan Indonesia memang sangat cocok untuk tanaman yang satu ini, jadi jangan heran kalau 80% komoditas perdagangan merica di dunia berasal dari Indonesia.

Wirausahakan Updated at: 6:35 PM

0 komentar:

Post a Comment