5 Potensi Bisnis Dari Kayu yang Bisa Anda Pilih

Salah satu jenis bisnis yang paling cepat membuat pelakunya kaya raya adalah bisnis kayu, dari pengalaman saya selama ini mengikuti ayah saya yang berbisnis kayu, ada banyak sekali bisnis yang bisa dijalankan dari bahan kayu ini. Bahkan bisa dibilang satu pohon bisa menghasilkan banyak sekali produk yang bisa dijadikan uang.


Bagi sebagian orang mungkin akan meremehkan para pengusaha kayu yang kebanyakan di desa, terlihat berat dan membutuhkan tenaga ekstra saat mengolahnya, namun kalau kita perhatikan lebih detail lagi, nyatanya hampir semua pengusaha kayu cepat menjadi kaya dan misalnya ada yang tidak sukses sekalipun, mereka bisa mendapatkan keuntungan yang cukup menggiurkan dari bahan yang satu ini.

Selama bertahun-tahun saya sudah melihat ayah saya mendapatkan keuntungan yang berlipat ganda, tak jarang pula beliau mendapatkan kerugian yang jumlahnya tidak sedikit sehingga membuatnya harus berhutang dan kalian tahu lah, akhirnya ibu saya marah-marah dan terjadi sedikit keributan di dalam rumah. Meski begitu, bisnis yang satu ini saya rasa masih sangat potensial untuk dijalankan.

Ada banyak sekali bisnis yang pernah saya temui dari pengalaman dulu, berikut adalah beberapa bisnis yang mungkin bisa anda jalankan dari bisnis kayu :

1. Penjualan kayu secara langsung
Ini adalah salah satu jenis bisnis yang lama dijalankan oleh ayah saya, beliau membeli pohon dari kebun dan kemudian memotongnya menjadi beberapa bagian dengan ukuran yang sudah ditentukan. Kemudian beliau menjualnya ke pengusaha kayu dengan harga yang cukup rendah, yah keuntungan yang didapat tak seberapa namun cepat dapat uang. Kalau tidak salah, misalnya membeli pohon dengan harga 100 ribu, biasanya laku dijual hingga 300 ribu dengan asumsi ongkos kuli sekitar 100 ribu, jadi paling tidak bisa dapat untung 2x lipat dari harga pembelian.

2. Penjualan ranting pohon
Ketika membeli pohon dari kebun, biasanya hanya bagian batang yang dijual dan rantingnya ada yang dibuang. Namun dengan banyaknya usaha yang membutuhkan kayu bakar sebagai bahan pengolahannya, maka ranting pohon punya nilai jual juga. Untuk 1 mobil bak terbuka penuh dengan ranting pohon kering biasanya dihargai hingga 500 ribu loh, padahal dengan 10 pohon saja kadang sudah cukup mendapatkan 1 mobil penuh dengan ranting.

3. Pengolahan kayu menjadi furniture
Ayah juga pernah terjun dalam bisnis pembuatan berbagai furniture seperti lemari, pintu, kusen, ranjang, dan lain sebagainya. Bahannya dari kebun, olah sendiri, dan kemudian dibuat oleh para tukang kayu yang bekerja di rumah. Meski membutuhkan waktu yang cukup lama untuk proses pembutannya, namun harga jual yang bisa melonjak hingga 3x lipat membuat usaha ini dijalankan cukup lama oleh ayah.

4. Bisnis penggergajian (pembelahan) kayu
Dulu, ayah sempat mau membuka bisnis jasa penggergajian kayu, namun karena modal yang kurang akhirnya beliau mengurungkan niatnya. Untuk bisnis yang satu ini butuh mesin gergaji diesel yang harganya cukup mahal, selain itu juga butuh kayawan yang cukup banyak karena ini merupakan pekerjaan yang cukup berat dan berbahaya.

5. Pengolahan kayu lapis
Kalau yang satu ini saya kurang begitu paham, namun biasanya kayu lapis yang sudah diolah akan di eksport ke luar negeri, entah sebagai bahan baku untuk buku tulis maupun untuk dibuat sebagai bahan industri lainnya. Bisnis yang satu ini banyak dikerjakan oleh pengusaha kelas kakap, modal mereka besar dan jaringan bisnisnya sudah kuat.

Itulah beberapa jenis bisnis dari kayu yang bisa anda pilih dari pengalaman saya, sebenarnya masih ada banyak jenis lainnya namun tidak saya tuliskan karena pengetahuan saya yang masih terbilang minim, takut salah informasi hehehe.

Wirausahakan Updated at: 1:09 AM

1 komentar: