Pengalaman Membeli Produk China dari Alibaba untuk Dijual di Indonesia

Alibaba adalah sebuah e-commerce terbesar yang ada di China / Tiongkok yang bahkan bisa menyaingi nama besar Amazon dari USA. Jack Ma adalah orang yang mendirikan Alibaba, dia merupakan salah satu orang terkaya di dunia saat ini. Alibaba sendiri mulai merangsek ke Indonesia, dari pengamatan saya saat browsing, kini sudah ada Alibaba versi Indonesia, meski pembelian masih harus langsung ke China.


Banyak sekali produk China yang ada di Alibaba, saya sendiri kadang melihatnya satu per satu dan mengamati kualitas serta harganya. Ok kalau bicara kualitas mungkin masih kalah sama produk dari negara lain, namun kalau masalah harga, beuhhhh ini merupakan surganya para pengusaha retail, kenapa? Silakan cek sendiri harga yang tertera di Alibaba, harganya sangat murah bahkan dibawah harga grosir yang biasa anda dapatkan di agen anda.

Sebagian orang mungkin tertarik membeli produk di Alibaba, saya sendiri juga begitu sih, namun sayangnya pembelian produk dari sana dihadapkan beberapa tantangan yang cukup sulit bagi sebagian orang awam. Mulai dari minimal pemesanan yang kadang terlalu banyak, jumlah minimalnya bisa ratusan atau bahkan ribuan, soalnya Alibaba kan memang punya konsep sebagai wadah penjual grosir (mirip pasar tanah abang tapi dengan sistem online). Selain itu kendala bahasa juga menjadi masalah, pembayaran tidak semua penjualnya bisa memakai paypal atau CC, selain itu masih banyak kendala lainnya yang kadang membuat kita tidak jadi membeli produk di sana.

Namun beberapa waktu yang lalu, saya berkenalan dengan salah seorang pedagang produk khusus outdoor, dan dia banyak menceritakan pengalamannya kepada saya selama menjalankan usahanya ini. Katanya, dia bisa menjual produknya lebih murah dibandingkan dengan harga yang ada di pasaran Indonesia, hal ini karena dia mengambil produknya langsung dari China melalui Alibaba. Wah, ini yang namanya pucuk di cinta ulampun tiba.

Lanjut dia menceritakan bagaimana proses pembelian produknya, katanya sih dia pilih-pilih dulu produk yang diinginkan, lalu memilih seller yang terpercaya dengan harga terjangkau. Setelah kontak dengan penjualnya, dia mulai menawar harga dan ternyata dikasih diskon dengan minimal order sekitar 200pcs produk. Untungnya lagi, teman saya punya kenalan yang tinggal di China, jadi pembelian produknya itu dengan sistem COD antara penjual dan temannya yang ada di China (biar aman).

Produk yang sudah dibeli kemudian dikirimkan ke Indonesia via laut, dengan ongkos kirim yang lumayan tinggi (menurut perhitungan saya). Barang sampai di Indonesia kemudian dikirim ke rumahnya yang ada di daerah. Setelah dihitung-hitung dari nilai pembelian, biaya ongkir, biaya tambahan lain, maka harga beli yang dia terima masih lebih murah jika dibandingkan dengan harga yang ada di agen. Sebagai gambaran saja, misalnya harga baju di agen 50 ribu, maka dengan membeli langsung di alibaba dengan jumlah banyak, dia bisa mendapatkan harga di kisaran 25 ribu saja, wow. Keuntungan bisnisnya terus bertambah banyak, yang biasanya dia dapat untung 100%, kini dia bisa dapat untung hingga 150% dengan harga jual yang sama.

Saya sendiri sangat senang mendengar pengalaman yang diceritakan teman saya itu, dan saya langsung saja mencari produk di Alibaba, eh kali aja ada yang cocok saya mau beli juga, soalnya saya ditawarin juga sama dia, kalau mau beli bisa nitip sama dia xixixi. Mungkin teman-teman disini banyak yang ingin mencoba pembelian produk murah dari Alibaba, silakan beli sendiri, jangan nitip saya :D, saya aja belum nyoba, masih nyari produk yang tepat tapi belum nemu-nemu juga.

Wirausahakan Updated at: 8:13 PM

0 komentar:

Post a Comment