4 Jenis Barang Bekas yang Mempunyai Nilai Jual Tinggi

Barang bekas, apa yang anda pikirkan saat mendengar kata itu? Apakah mantan anda? Atau pemulung yang berpakaian kusut dengan menggendong keranjang sambil mencari sisa sampah yang berharga? Sebenarnya barang bekas tidak terlalu buruk kalau anda mengerti cara mengolahnya, banyak loh pengusaha sukses yang bisa kaya raya hanya dari bisnis barang bekas.


Saat ini banyak orang yang kreatif dan berhasil memanfaatkan sampah menjadi berbagai produk yang berguna, di TV sudah banyak liputan tentang kerajinan tangan dari sampah, ada pula proses daur ulang sampah yang bisa dijadikan produk lainnya, dan masih banyak lagi tangan-tangan kreatif yang bisa menyulap barang bekas menjadi barang yang bernilai tinggi.

Meski begitu, nyatanya tidak semua barang bekas itu berharga, karena memang sudah ada yang tidak bisa dimanfaatkan lagi dan akhirnya hanya menjadi sampah saja, mau dijadikan pupuk tidak bisa, mau dibakar takut pemanasan global, ditimbun tidak larut ke tanah, dibiarkan malah bau, yah itulah sampah yang belum bisa dimanfaatkan lagi.

Berikut ini adalah 4 jenis barang bekas yang masih mempunyai nilai jual yang tinggi :
  • Barang bekas limbah elektronik
Hp rusak, laptop rusak, TV rusak, dan berbagai peralatan elektronik yang ada di rumah anda, meskipun rusak namun sebenarnya masih memiliki nilai jual yang cukup tinggi. Seperti artikel saya tentang bisnis jual-beli handphone rusak dengan keuntungan mencapai 10x lipat, kalau anda bisa memanfaatkannya tentu anda bisa mengambil banyak keuntungan darinya.
  • Barang bekas yang bisa di daur ulang
Barang bekas seperti besi, plastik, tembaga, dan lain sebagainya masih punya nilai jual yang tinggi karena barang-barang itu masih bisa di daur ulang kembali. Buktinya masih banyak pemulung yang keliling jalan mencari paku bekas di jalanan, mereka tahu kalau besi bekas masih punya harga jual yang cukup tinggi.
  • Barang bekas rusak yang masih bisa diperbaiki
Seperti halnya limbah elektronik yang masih bisa diperbaiki, banyak jenis lain dari barang bekas yang kadang bisa dimanfaatkan. Tetangga pernah menjual TV rusak yang katanya sudah tidak bisa diperbaiki dengan harga 20 ribu saja, namun oleh si pembeli, itu TV dibenerin lagi dan bisa terjual dengan harga 200 ribu, itulah salah satu rahasia keuntungan bisnis barang bekas, ilmu anda sangat berharga!
  • Barang bekas yang bisa diolah lagi
Ini yang menurut saya paling kreatif, dengan memanfaatkan bahan-bahan murah dari barang bekas, banyak pengrajin yang bisa membuat berbagai kerajinan tangan dengan nilai jual yang tinggi. Ada produk furniture, aksesoris, bahkan ada pula bahan bakar dari bahan bekas, dan semua itu seharusnya dikembangkan lagi untuk bisa memaksimalkan segala yang ada meskipun itu adalah sampah.

Wirausahakan Updated at: 8:06 PM

0 komentar:

Post a Comment