Mau Buka Bisnis Billiard? Baca Analisa Bisnisnya Dulu!

Billiard merupakan salah satu olahraga yang banyak digemari oleh kalangan anak muda dan dewasa, olahraga yang satu ini memang lebih lekat untuk kalangan menengah ke atas, meski nyatanya masih banyak kalangan menengah ke bawah yang memaksakan untuk bisa ikut bermain biliard juga. Olahraga yang satu ini terbilang unik dan menarik, butuh konsentrasi dan keahlian untuk bisa menyodok bola ke dalam lubang yang ada di atas meja.


Saat ini banyak rumah biliard yang menyediakan jasa penyewaan meja biliard, biasanya sistem penyewaannya berbeda-beda, ada yang dihitung per-jam ada pula yang per satu permainan. Kalau yang masih di rumahan, biasanya harga sewanya murah namun pelayanan dan kualitasnya terbilang jelek, belum lagi banyak anak kecil yang ikut nimbrung, beda kalau ada tempatnya sendiri. Biasanya penyewaan biliard digabungin sama caffe, yah itung-itung 1 tempat jadi ada 2 bisnis yang jalan, untungnya kan nambah juga tuh.

Menurut analisa awam saya, bisnis biliard ini terbilang cukup menguntungkan, bahkan keuntungannya besar untuk sebuah bisnis jasa. Biasanya harga sewa 1 jam antara 20-30 ribu, kalau ada 5 meja saja dan 1 hari disewa 10 jam, maka omset yang masuk sekitar 30rbx5x10jam = Rp 1.500.000, 00, dan satu bulannya bisa mendapatkan omset hingga 45 jutaan, wow lumayan besar bukan omset bisnis yang satu ini.

Apa saja yang dibutuhkan untuk memulai bisnis penyewaan meja biliard ini? Paling tidak inilah daftar keperluan yang harus anda sediakan :
  1. Full set meja biliar beserta stik, bola, billiard chalk, dan lain sebagainya.
  2. Tempat yang memadai, luas dan nyaman di dalamnya
  3. Izin usaha, seperti izin tempat, izin gangguan, izin dari kelurahan, dll
  4. Karyawan, ini penting agar pelanggan bisa terlayani dengan baik
  5. Promosi, tiada bisnis tanpa promosi
Jika keperluan untuk membuka bisnis billiard ini sudah bisa anda penuhi, maka silakan anda memulainya. Modal yang dibutuhkan untuk bisnis yang satu ini memang cukup besar, asumsi sewa tempat yang luas dengan harga sewa sekitar 30-50 juta, meja billiard 1 set sekitar 10 juta, dan gaji karyawan, maka setidaknya butuh modal di kisaran 100 juta ke atas.

Dengan keuntungan yang lumayan besar, jika bisnis ini bisa berjalan lancar maka hanya butuh waktu kurang dari 1 tahun, modal anda sudah balik dan anda bisa menikmati hasil bisnis itu secara lancar tiap bulannya. Jangan lupa tambahkan caffe untuk menambah keuntungan, biasanya kalau main billiard pada haus sama lapar tuh, kan cocok daripada pelanggan bawa makan dari luar, sediain aja dari dalam.

Wirausahakan Updated at: 1:48 AM

4 komentar:

  1. Saya coba bisnis ini. Terima kasih bos .

    ReplyDelete
  2. Dari dulu pengen bgt tp blom kesanpean

    ReplyDelete
  3. Replies
    1. di tempat saya gak ada ijin (kalau yang kecil-kecilan), namun kalau yang besar kayaknya butuh ijin karena masuk ke tenpat hiburan.

      Delete