Kisah Perjuangan Sukses Pengusaha Gudeg yang Sangat Menginspirasi

Gudeg adalah makanan khas Yogyakarta yang sangat terkenal, nasi putih dengan lauk beraneka macam seperti telur rebus, tahu, tempe, ayam, dan nangka muda yang dimasak selama berjam-jam sehingga lunak dan sangat enak di mulut. Kuliner yang satu ini memang banyak tersebar di daerah Jawa, dan penikmat gudeg juga sangat banyak karena rasanya yang memang enak dan mengenyangkan.


Saya punya langganan warung gudeg yang ada di sekitar tempat tinggal saya, warung itu dijaga oleh 1 orang ibu-ibu dan hanya buka dari pagi sampai jam 2 siang saja. Meski jam bukanya sebentar namun omsetnya mantap, katanya kadang jam 12 siang saja sudah habis dan dia bisa mendapatkan omset hingga jutaan Rupiah tiap hari.

Karena saking seringnya makan di situ, akhirnya saya mulai akrab dengan ibu penjual gudeg ini, dan sebagai seorang pengusaha newbie akhirnya saya bertekad mendapatkan ilmu darinya. Untungnya dia tidak pelit dan mau membagikan pengalamannya dalam usaha gudeg ini.

Ibu ini menceritakan awal usahanya ketika baru menikah, dia tinggal di rumah dengan dinding dari kayu dan anyaman bambu (kerajinan gedek). Kemudian dia dan suaminya menyewa sebuah lapak yang dirubah menjadi warung gudeg, ruangan sederhana itu ada di pinggir jalan dan kadang digunakan untuk tidur juga karena sering tutup malam.

Bertahun-tahun kemudian usaha kulinernya itu berkembang dan akhirnya dia punya modal untuk membeli tempat usahanya itu, kemudian dia membangunnya menjadi sebuah ruko. 1 untuk dirinya dan yang lain dia sewakan kepada orang lain agar tempat usahanya semakin ramai dengan pedagang lain. Strategi bisnisnya ini cukup bagus, karena banyak pedagang yang membuka dagangannya di ruko yang dia sewakan, akhirnya bisnis kulinernya itu juga semakin besar.

Kemudian dengan usahanya itu, dia mendapatkan banyak keuntungan yang dia pakai untuk membeli rumah, membangun toko, dan memasukkannya untuk berbagai investasi yang menguntungkan. Kini setelah hampir 20 tahun berjuang dalam usahanya itu, dia sudah punya rumah bertingkat yang sangat bagus, usahanya juga banyak, mulai dari warung gudeg, toko kelontong, laundry, pengisian air minum, depot gas, dan beberapa usaha lain yang memberikannya pundi-pundi Rupiah tiap bulannya.

Tips usaha yang dia berikan sederhana sekali, syukuri apa yang Tuhan berikan dan manfaatkan dengan sebaik-baiknya. Jangan mengeluh dengan keadaan, dan jadilah seorang pengusaha yang ulet, fokus pada usaha anda dan perjuangkan sampai menghasilkan untuk anda.

Wirausahakan Updated at: 10:43 PM

0 komentar:

Post a Comment