Inilah Alasan Kenapa Kita Harus Melakukan Riset Pasar Sebelum Memulai Bisnis

Riset pasar adalah sebuah kegiatan yang cukup membosankan (untuk saya pribadi), karena saya harus mendata kebiasaan, kebutuhan, dan peluang-peluang yang merupakan data yang terkumpul dari banyak orang yang ada di tempat riset tersebut. Namun meskipun membosankan, nyatanya riset pasar sangat penting untuk menentukan perkembangan bisnis yang akan kita jalankan ke depannya.


Misalnya saja, saya ingin menjual es krim yang ada di mini market itu loh, lalu tanpa melakukan riset pasar di sekitar tempat bisnis, saya langsung saja menyediakan produk itu yang modalnya memang lumayan besar bukan? Nah setelah jalan tidak sampai 1 bulan, nyatanya produk dengan modal yang cukup besar itu tidak terlalu laku, kenapa? Setelah jalan, eh saya baru tahu kalau daya beli masyarakat di sekitar masih rendah, ditambah lagi sudah banyak jenis es segar lain yang harganya lebih murah. Mungkin contoh di atas bisa menjelaskan bagaimana pentingnya sebuah riset, meski kala menjalankannya agak membosankan.

Untuk melakukan sebuah riset, ada banyak metode yang bisa digunakan namun menurut saya alangkah lebih baiknya kalau riset yang hendak dilakukan agak dicocokkan dengan bisnis yang akan dijalankan pula. Kenapa kita harus repot-repot meriset orang-orang? Berikut manfaat yang bisa didapatkan dari sebuah riset :
  1. Mendapatkan data kira-kira, misalnya saja anda ingin menjual beras, maka dengan riset pasar ini, anda bisa mendapatkan data berapa banyak orang yang membutuhkan beras setiap harinya di sekitar anda.
  2. Melihat persaingan usaha yang akan dihadapi, yang namanya mau perang kan harus siap strategi, bala kurawa, senjata, dan berbagai perlengkapan agar bisa menang.
  3. Banyak peluang yang bisa didapatkan dari sebuah riset, anda bisa mengetahui kelemahan pesaing, peluang baru, kreatifitas baru, dan berbagai hal yang membuat bisnis anda bisa selangkah di depan pesaing.
  4. Resiko kerugian semakin kecil, manfaat riset juga bisa digunakan untuk mengurangi resiko bisnis yang memang selalu ada.
  5. Rencana jangka pendek & panjang yang tertata rapi, dengan riset anda bisa memikirkan bagaimana usaha anda 10 tahun mendatang, dan berapa rata-rata keuntungan tiap bulannya dengan pertumbuhan yang dapat diperkirakan
  6. Meningkatkan kedekatan anda dengan pelanggan, yah coba saja anda jual baju langsung dari rumah ke rumah, meski harganya lebih mahal namun pelanggan akan senang kala anda datang, karena mereka merasa dihormati dan dihargai bak seorang raja.

Sebenarnya masih banyak lagi keuntungan dari sebuah riset pasar yang bisa didapatkan, namun poin penting untuk sebuah bisnis baru mungkin hanya di atas itu saja. Selebihnya anda tinggal menjalankan riset ini, dan teliti kemungkinan dan potensi yang ada, maksimalkan peluang dan munculkan bisnis profesional anda.

Wirausahakan Updated at: 8:13 PM

0 komentar:

Post a Comment