Daftar Kosakata & Istilah SLANG Dalam Dunia Bisnis Beserta Artinya

Pernah suatu ketika kala saya sedang jalan di pasar tanah abang Jakarta, ada beberapa penjual pakaian yang teriak-teriak nggak jelas gitu karena kata-katanya tidak saya pahami sama sekali. Kalau tidak salah saat itu dia berkata "Rojali, PPD", dan kata-kita itu benar-benar membuat saya penasaran. Akhirnya saya berhenti sejenak barangkali mendapat pencerahan dari maknanya, dan satu pedagang lagu menyahuti ucapan pedagang tadi dengan menerjemahkannya "Rombongan Jarang Beli, Pegang-Pegang Doang".


Saya ketawa mendengar sang pedagang itu, rupanya dia sedang menyindir emak-emak yang dari tadi nanya-nanya terus tapi gak jadi beli. Itu merupakan salah satu kosakata yang dipakai dalam dunia bisnis yang mungkin hanya beberapa saja yang paham karena tiap daerah tentu berbeda dong.

Selain di dunia nyata, pernah juga saya kebingungan saat di awal mencoba bisnis online. Saat itu saya posting produk di grup jual-beli, eh ada yang komentar "PM Gan", wah saya benar-benar gak maksud sama kata-katanya. Akhirnya saya coba searching di Google, dan maksudnya saya disuruh mengirimkan inbox kepadanya (PM = Private Message).

Di dalam dunia bisnis, baik bisnis online maupun offline ternyata ada banyak kosakata dan istilah slang atau urban yang kadang membingungkan, berikut ini adalah daftar istilah slang dunia bisnis beserta maknanya :
  • TF : transfer (biasanya dalam bisnis online kalau udah deal, tinggal buyer diminta TF sama seller)
  • Return : barang minta ditukar
  • Refund : batal transaksi jual-beli
  • Reject : barang yang diterima tidak sesuai atau rusak
  • PM / Japri : Private message / pesan pribadi, Jalur pribadi (maksudnya chat berdua aja)
  • Restock / Ready stock : barang ada
  • OOS / Out of Stock : kehabisan stock barang
  • Sold : terjual habis
  • PO : pre order (biasanya reseller atau dropshipper)
  • OP : open order (pembukaan pemesanan PO)
  • Testi : testimonial (kesan & pesan dari pembeli untuk nilai tambah sang penjual)
  • Booked : sudah dipesan
  • Keep : memesan barang tapi belum dibayar (simpenin dulu ya bos, biasanya gitu)
  • Hit & Run : konsumen banyak nanya, udah pesen, tapi gak jadi beli
  • Wartawan : konsumen banyak nanya, biasanya gak niat beli
  • No Afgan : (lagunya afgan = sadis), maksudnya jangan nawar sadis yang terlalu murah
  • Rekber : rekening bersama (biar aman melalui pihak ketiga transfernya)
  • Nomor Resi : nomor bukti pengiriman
  • COD : cash on delivery, ketemuan untuk transaksi jual beli secara langsung
  • PPD : Pegang-pegang doank
  • Rojali : Rombongan Jarang Beli
  • Gan : Agan / Juragan
  • Newbie / Nubi : pemula (buat pembelaan kalau salah ngomong)
  • Fullset : lengkap
  • WTS : Want To Sell (mau jual)
  • WTB : Want To Buy (pengin beli)
  • ASK : nanya-nanya dulu
Masih banyak lagi istilahnya tapi rada lupa :D, ada yang mau nambahin lagi?

Wirausahakan Updated at: 8:39 PM

0 komentar:

Post a Comment