Beberapa Bisnis yang Bisa Dijalankan Di Sekitar Kampus

Sebelumnya saya sudah menuliskan beberapa peluang usaha yang tepat dijalankan di sekitar sekolah, namun kali ini saya ingin menuliskan beberapa jenis usaha yang bisa dijalankan di sekitar kampus. Hal ini saya tuliskan berbeda karena memang pergaulan para mahasiswa berbeda jauh dengan adik-adik kelasnya di SD, SMP, bahkan SMA sekalipun.


Daftar bisnis yang akan saya tuliskan ini berdasarkan dari pengalaman pribadi saya ketika di kampus dulu, serta dari beberapa sumber yang saya baca. Anda bisa mencoba membuka salah satu jenis usaha yang tepat dan dijalankan di area kampus, karena menurut saya peluang untuk berkembang cukup besar dimana daya beli para mahasiswa lebih besar jika dibandingkan dengan anak sekolah lainnya.

Dengan modal yang tidak terlalu besar sekalipun, anda sebenarnya bisa langsung membuka usaha yang cocok karena kebanyakan bisnis yang saya temui tidak terlalu mewah, namun kreatif. Langsung saja berikut ini adalah beberapa jenis bisnis yang bisa anda jalankan di area sekitar kampus :

Bisnis Jasa di Area Kampus
Seingat saya, sejak awal masuk kuliah dulu, saya mendapati beberapa orang yang menawarkan jasanya untuk saya, diantaranya adalah :
  • Jasa pembuatan makalah, tugas, pengetikan (ilegal atau tidaknya, tapi mereka sangat membantu :P)
  • Jasa warnet (ini penting banget pas koneksi internet kampus lamban, apalagi pas kirim tugas)
  • Jasa percetakan & fotocopy (isinya printer, mesin fotocopy, komputer jadul, kertas, dll)
  • Kost-kostan dan kontrakan (cocok untuk kampus yang mahasiswanya dari luar kota)
  • Pulsa (bukan counter loh yah, tapi biasanya lumayan buat hutangan temen2 :P)
  • Jasa Laundry (ini lagi rame banget saat ini, orang mulai malas nyuci)
  • Jasa cuci motor dan mobil (menurut teman saya, omsetnya lumayan besar)
  • Jasa service komputer dan barang elektronik lainnya
  • Bisnis penyewaan lapangan futsal
Bisnis Kuliner di Area Kampus
  • Buka warung makan
  • Buka angkringan
  • Buka caffe kopi
  • Bisnis sederhana (mie rebus dan bubur)
  • Bisnis makanan ringan & cemilan
Bisnis Perdagangan Produk di Area Kampus
  • Buka warung, toko, mini market
  • Bisnis perlengkapan dan peralatan penunjang mahasiswa, dosen dan karyawan kampus
  • Bisnis counter handphone dan pulsa
  • Bisnis toko komputer dan perlengkapannya
Dan masih banyak lagi contoh bisnis yang cocok dijalankan di sekitar kampus, tentu saja mengikuti keadaan di sekitar dan kegiatan di kampus tersebut. Silakan anda ketik bisnis yang ingin dicari di kolom "search" di atas untuk melihat detail dan analisa dari bisnis-bisnis di atas (saya lagi malas menautkan langsung ke link-nya :D)

Wirausahakan Updated at: 1:55 AM

0 komentar:

Post a Comment