Rahasia Bisnis yang Minim Persaingan & Susah Ditiru Orang Lain

Bayangkan ketika anda sudah berusaha keras untuk membuat kue dengan resep rahasia yang rasanya enak, lalu anda menjualnya dan laku keras. Namun tiba-tiba saja ada pesaing yang memproduksi kue yang sangat mirip dengan anda, dia menjualnya dengan harga lebih murah dan kemasan yang lebih bagus. Lalu para pelanggan anda lebih memilih kue buatan pesaing anda, dan anda mengalami kemunduran bisnis, bukankah ini sangat menyebalkan?!


Kita mengenal negara China sebagai "peniru" yang paling ulung di dunia ini, hampir semua barang yang terkenal di dunia pasti ada tiruannya yang berasal dari negara ini. Mereka memang punya rahasia prinsip bisnis ATM (Amati, Tiru, Modifikasi) yang membuat mereka mendapatkan banyak keuntungan dari penemuan orang lain, curangkah? Sepertinya tidak terlalu kalau dalam dunia bisnis.

Diantara kalian pastinya ingin memiliki bisnis yang minim pesaing dan susah ditiru oleh orang lain, karena dengan hal itu maka harga yang anda tawarkan bisa stabil dan pelanggan akan terpusat ke tempat usaha anda. Namun terkadang hal itu seperti sebuah mimpi karena jika ada usaha yang ramai, pasti akan banyak pesaing yang bermunculan dan hal itu cukup mengganggu bisnis yang sedang berjalan.

Sebenarnya ada kriteria bisnis yang minim pesaing dan susah ditiru loh, apa saja itu? Simak kriterianya berikut ini :
  • Bisnis dengan teknik khusus yang tidak dikuasai banyak orang
  • Bisnis dengan produk atau jasa yang sangat jarang didapati orang lain
  • Bisnis yang terlihat sulit, kotor, dan kurang diminati
  • Bisnis yang membutuhkan modal besar, peralatan lengkap, tenaga yang banyak
  • Bisnis dengan sistem dan jaringan yang kuat
  • Bisnis yang dilindungi pemerintah
Kriteria bisnis di atas sangat jarang pesaingnya dan tentu saja susah ditiru, alasannya yah seperti kriterianya itu. Contoh bisnis yang susah ditiru dan minim pesaing misalnya bisnis obat-obatan, barang antik, kebersihan, barang bekas, rongsok, pabrik produksi, alat berat, dll. Selain itu bisnis dengan jaringan yang luas dan sistem bisnis yang bagus juga susah sekali ditiru dan disaingi, misalnya saja McDonal yang sudah besar, kalau anda ingin menirunya berarti anda harus menyiapkan dana besar untuk menyiapkan peternakan sapi & ayam untuk menyuplai daging, mengirimkan bahan baku tiap harinya, membuka cabang ke seluruh penjuru dunia, membuat makanan yang punya rasa dan ukuran sama, serta pegawai yang selalu menyambut kedatangan pelanggan.


Kalau anda masih ingin punya bisnis khusus yang minim persaingan dan susah ditiru orang lain, maka saya sarankan agar anda menguasai bisnis itu sepenuhnya, buatlah sistem bisnis yang bagus, jaringan yang luas, dan kuasai satu per satu daerah di sekitar anda, maka orang yang ingin meniru bisnis anda akan kesulitan karena harus memulai dari 0 dan mengalahkan pesaing yang sudah punya bisnis yang berjalan lancar.

Wirausahakan Updated at: 6:59 AM

1 komentar: