Beneran Mau Terjun ke Dunia Bisnis, Sudah Siap Dengan Resiko Ini?

Bisnis kayaknya enak yah, lihat teman ada yang sudah jadi pengusaha sukses, mobilnya baru, karyawannya banyak, usahanya terus meningkat, dan hidupnya santai. Nah kalau jadi pegawai, gaji segitu-gitu aja, jadi bawahan terus, tertekan waktu dan tugas, belum lagi kalau lagi kena masalah bisa dimarahi habis-habisan. Hmm jadi ingin terjun ke dunia bisnis!

sumber gambar : gwsingraja.blogspot.com

Namun dibalik nyamannya seorang pengusaha, ternyata ada resiko besar yang harus dihadapi loh, bahkan resiko tersebut terbilang sangat sulit jika yang menghadapi tidak punya mental wirausaha. Mau tahu resiko apa saja yang harus dihadapi oleh para pengusaha? Berikut ini adalah daftarnya :
  • Resiko waktu
Siapa bilang jadi pengusaha enak dan punya banyak waktu luang? Mungkin kalau sudah sukses bisa lah bilang kayak gitu, nah kalau masih dalam tahap memulai? Dari pagi sampai malam masih jalanin bisnis, nanti tengah malamnya mikir apa yang harus dilakukan esok paginya, lemburan kantor kamu belum seberapa sama yang satu ini.
  • Resiko keuangan
Gaji bulanan kamu bisa langsung kamu pakai, namun keuntungan usaha masih harus dibagi lagi dengan berbagai kebutuhan usaha. Kadang untuk para newbie, bisa jalan terus usahanya aja sudah untung banget tuh, boro-boro mikirin untung besar dan cepat kaya. Modal usaha yang banyak juga menjadi masalah bagi sebagian besar orang yang ingin memulai usaha, pikirin lagi dah!
  • Resiko produk/jasa
Kalau di tempat kerja, produknya rusak atau jasanya kurang, kamu bisa santai saja karena perusahaan yang tanggung jawab, namun kalau di dunia usaha, kamu yang harus tanggung jawab dan menangani komplen dari konsumen. Siap-siap dimarahin sama emak-emak!
  • Resiko pasar
Penjualan tidak selalu ramai, kadang sepi bahkan tidak ada penjualan sama sekali, apakah sudah siap dengan kondisi pahit semacam itu? Kalau gak jualan nanti gak dapat untung, gak makan loh.
  • Resiko pelanggan
Produk rusak dikit dikomplen, belum lagi kalau pelanggannya cerewet, bisa saja dia marah-marah dan menjelek-jelekkan bisnis kamu, bubar deh tuh nama bisnis yang kamu bangun dengan susah payah. Masih berani?
  • Resiko internal
Manajemen bisnis yang kurang bagus menyebabkan kehancuran perlahan, karyawan yang seenaknya sendiri mengganggu produktivitas, dan masalah egois pribadi akan sangat berperan dalam dunia usaha yang kamu jalani, beneran mau berbagi rasa sama usaha kamu?
  • Resiko habis tak tersisa
Paling pahit adalah ketika modal pas-pasan yang digunakan untuk memulai usaha ternyata gagal total dan bangkrut, uang habis dan jadi miskin (amita-amit). Ini salah satu resiko terburuk yang akan dihadapi oleh pengusaha, apakah kamu siap?

Yah sepertinya saya terlalu mengada-ada yah dalam menuliskan resiko bisnis, bikin takut aja buat yang mau memulai usaha, maafin yah bukan mau nakut-nakutin tapi saya sengaja nulis yang pahit dulu biar kamu yang mau usaha bisa mantap dengan pilihan kamu.

Wirausahakan Updated at: 1:21 AM

0 komentar:

Post a Comment