Beberapa Barang Pribadi yang Bisa Disewakan untuk Belajar Bisnis

Bisnis rental bagi sebagian orang mungkin menjadi sebuah ide bisnis dengan bayangan bahwa ini membutuhkan modal besar, lalu bagi sebagian besar akan mengubur ide bisnis itu dan memilih untuk mencari bisnis lainnya. Namun tahukah anda bahwa kebanyakan pengusaha yang kini sukses di bidang jasa penyewaan, dulunya mencoba trik bisnis pemula ini?


Tetangga saya ada yang membeli mobil bak terbuka, padahal kala itu dia tidak tahu mau digunakan untuk apa sedangkan dia saja belum memiliki keahlian menyetir mobil. Namun otak bisnisnya jalan, mobil yang dia beli malah dia sewakan kepada para penjual keliling, dan hasilnya mobil itu bisa menghidupinya tiap hari dengan tambahan uang sewanya. Bahkan untuk biaya service, bahan bakar, atau bayar pajak, dia tidak usah mengeluarkan uang sendiri karena dengan disewakan saja sudah cukup menghasilkan. Akhirnya dia ketagihan dan membeli mobil baru untuk kemudian membuka jasa penyewaan mobil ini.

Kalau anda ingin memulai sebuah bisnis, yang pertama anda pikirkan untuk modal adalah apa yang anda miliki saat ini. Berikut ini adalah beberapa jenis barang yang bisa anda gunakan untuk memulai bisnis penyewaan yang menguntungkan :

Kendaraan
Apa yang saat ini anda miliki? Mobil, motor, atau bahkan sepeda? Sebenarnya semua barang anda berpeluang untuk menghasilkan uang loh. Buktinya saat ini banyak jasa rental mobil, motor, bahkan sepeda. Yang perlu anda lakukan adalah mencoba, mencari tempat dan strategi yang bagus, dan buatlah apa yang anda miliki lebih berharga dari yang anda bayangkan.

Alat elektronik
Barang seperti kamera, komputer, proyektor, bahkan game PS juga disewakan loh. Ini merupakan salah satu bisnis yang marak di Indonesia saat ini. Dari pengalaman saya, untuk menyewa 1 PS yang harganya hanya sekitar 1 juta, biaya perharinya 25 ribu, jadi kalau 1 bulan disewa terus maka uang yang masuk bisa mencapai 750ribu, 2 bulan udah balik modal tuh barang.

Peralatan
Beberapa orang enggan untuk membeli peralatan yang dibutuhkan karena memang dia tidak membutuhkannya untuk jangka panjang, inilah yang membuat orang tersebut memilih untuk menyewa saja daripada harus membelinya dengan harga yang mahal. Peralatan yang biasanya disewakan seperti alat renang, peralatan pembangunan, peralatan petualang, alat berat dan lain sebagainya.

Perlengkapan
Biasanya banyak orang yang ingin naik gunung atau pergi ke suatu tempat yang wajib melengkapi dirinya dengan perlengkapan keamanan, nah ini bisa juga dijadikan sebagai ide bisnis. Misalnya saja and apunya sebuah tenda, coba deh tawarin sama orang yang mau naik gunung, tawarin dengan harga yang lebih murah dari penyewaan lain, pasti deh dia milih punya kamu.

Fashion
Dari pengalaman saya ketika akan wisuda, saya harus menyewa sebuah jas dengan harga Rp 50.000, 00 yang saya pakai hanya sekitar 10 jam saja, artinya jika 10 jas disewa dalam satu hari maka uang yang masuk 500 ribu, sedangkan harga jas yang saya pakai sepertinya hanya berkisar antara 100-300 ribu saja. Bisnis penyewaan pakaian biasanya dihubungkan dengan beberapa bisnis seperti rias pengantin dan lain sebagainya.

Tempat
Tak lengkap rasanya kalau tidak memasukan lapak untuk masuk dalam bisnis ini, anda bisa menyewakan ruko, kamar, gedung, bahkan lahan kosong juga bisa. Biasanya penyewaan lahan untuk bisnis jangka waktunya 1 tahun, misalnya untuk ruko atau toko, biayanya lumayan mahal loha bisa mencapai 20 juta dalam 1 tahunnya.

Wirausahakan Updated at: 8:41 PM

0 komentar:

Post a Comment