Analisa & Pengalaman dalam Menjalankan Bisnis Bisnis Kue Donat

Donat adalah kue yang berbentu bulat pipih dan di tengahnya berlubang, seperti huruf O dan saya pikir semua orang mengenal kue yang satu ini. Selain rasanya yang manis, biasanya keu ini juga ditaburi dengan berbagai tambahan di atasnya, mulai dari keju, kacang, meses, coklat, dan lain sebagainya sesuai dengan selera.


Kalau bicara bisnis donut, maka nama besar seperti dunkin donuts, Jco, dan lain sebagainya tentu menjadi pilihan utama anda yah, meski anda sendiri tahu harganya cukup mahal. Memang nama besar itu seakan menjamin kualitas dari produk mereka, meski mahal namun rasanya terjamin dan kualitasnya top lah, itu adalah sistem bisnis para pemain besar di dunia ini.

Sebenarnya anda juga bisa memulai bisnis donat ini loh, cara membuatnya tidak terlalu sulit, yang penting kreatifitas anda untuk menambahkan rasa dan tampilan donat yang akan membuat para pelanggan suka. Dari salah satu sumber mengatakan bahwa modal 3 juta saja sudah cukup untuk memulai bisnis kuliner yang satu ini.

Dengan modal 3 juta itu, berpotensi mendatangkan keuntungan hingga 30% loh, dengan harga jual donat biasa yang berkisar antara 1-5 ribu, dalam satu bulan bisa mendapatkan keuntungan hingga di kisaran 1 juta lebih. Itupun penjualan dengan mengambil jumlah minimal, kalau ramai gimana? Tambah banyak donk penghasilannya.

Dari pengalaman om saya yang dulu pernah mencoba bisnis kuliner kue donat ini, sebenarnya bisnisnya itu sudah mulai jalan. Modal awalnya kecil, kalau tidak salah hanya di kisaran 1 juta saja, dan dia memasarkan kue donatnya di sekitar rumahnya saja. Biasanya habis sebelum sore karena rasa yang enak dan memang kue yang dia punya disukai oleh pelanggan.

Namun usahanya itu hanya bertahan sekitar 1 bulan saja, hal ini karena sistem bisnis yang kurang bagus yang dia jalankan. Om saya dan keluarganya membuat donat sendiri, memasarkan ke warung-warung dan rumah-rumah tetangga, menunggu pelanggan datang sendiri ke rumah, dan semua itu dilakukan sendiri oleh mereka. Ketika kelelahan mulai mereka rasakan, kemudian mulai deh rasa donatnya tidak enak, pelanggan mulai bosan dengan donat yang itu-itu saja tanpa kreatifitas baru, kadang juga banyak pelanggan yang kehabisan saat ingin membelinya, dan akhirnya usaha itu bangkrut karena tidak stabil.

Mungkin pengalaman om saya bisa anda jadikan pelajaran dalam menjalankan bisnis donat yang ingin anda jalankan, mau bagaimanapun enaknya donat anda, usahakan agar sistem bisnisnya berjalan dengan baik dan profesional agar pelanggan menganggap bisnis anda menarik, bukan hanya donatnya saja.

Wirausahakan Updated at: 9:08 PM

0 komentar:

Post a Comment