10 Jenis Ikan Air Tawar Konsumsi yang Punya Nilai Jual Tinggi untuk Bisnis

Kebutuhan masyarakat kepada ikan air tawar meningkat tajam karena kesadaran bersama bagi kebutuhan gizi tubuh. Selain faktor gizi, nyatanya rasa ikan air tawar juga banyak disukai oleh masyarakat kita yang memang dikelilingi dengan banyak perairan. Di pasar banyak penjual ikan air tawar yang menjajakan dagangannya dengan harga yang bervariasi, biasanya mereka sampai kehabisan stok karena memang kebutuhan masyarakat terus meningkat tajam.

wirausahakan.blogspot.com

Ikan air tawar biasanya dikonsumsi oleh masyarakat kita sebagai bahan tambahan gizi, dan mereka juga memilih jenis ikan air tawar yang lezat dan cocok dengan lidah mereka, karena masih banyak orang yang seperti alergi dengan salah satu jenis ikan air tawar. Misalnya saja saya pribadi, kurang begitu menyukai ikan gurami karena baunya yang cukup menyengat, kadang kalau bau gurami goreng maka saya akan merasa kembung.

Jenis ikan air tawar sangat banyak, namun ada beberapa yang punya nilai jual tinggi dan cocok untuk bisnis, apa saja ikan air tawar yang punya nilai bisnis bagus? Berikut adalah daftarnya :
  1. Ikan lele : Ini merupakan salah satu jenis ikan paling khas di Indonesia, banyak peluang bisnis yang bisa didapatkan dari ikan lele, mulai dari pengembangbiakannya hingga pengolahan berbagai jenis makanan dari bahan ikan lele. Harga ikan lele lumayan tinggi, apalagi dengan stok yang cukup melimpah, ini bisa anda jadikan salah satu pilihan yang cocok untuk bisnis.
  2. Ikan gurameh : Ikan yang terkenal dengan dagingnya yang banyak ini memang sangat populer di masyarakat, mulai dari telur, bibit, hingga ikan dewasa punya harga yang tinggi. Peluang bisnis bisa diambil dari ikan gurameh dari telur sampai dagingnya, bahkan sarangnya juga dijual dengan harga yang cukup mahal.
  3. Ikan mujaer : Ikan yang mudah berkembang biak ini punya rasa yang gurih, saya sangat suka ikan ini saat ukurannya kecil, gurih dan renyah serta tidak terlalu berminyak. Ikan ini juga punya harga jual yang cukup tinggi.
  4. Ikan Nila : Ikan ini banyak dikembangbiakan oleh para petani karena pakannya yang mudah, biasanya ikan nila makan plankton dan tanaman yang ada di air. Harga ikan nila cukup mahal, permintaan pasar juga terus meningkat.
  5. Ikan Patin : Ikan dengan daging yang lembut dan banyak ini sedang jadi salah satu primadona di masyarakat, selain mudah dalam membudidayakannya, nyatanya harga jualnya juga tinggi.
  6. Ikan Mas : Siapa bilang ikan mas hanya digunakan untuk hiasan saja, daging ikan ini enak dan lezat loh, apalagi kandungan gizi di dalam tubuhnya juga tinggi, cocok deh untuk anda yang ingin memulai bisnis kuliner yang khas.
  7. Ikan belut : Ikan yang betah di lumpur dan mirip ular ini banyak dikonsumsi masyarakat karena kandungan gizi yang cukup tinggi, selain rasanya yang gurih, harga jualnya juga tinggi karena kadang digunakan untuk obat juga.
  8. Ikan Sidat : Meski belum terlalu populer seperti jenis ikan air tawar yang lain, saat ini ikan sidat menjadi salah satu komoditi yang banyak dilirik oleh para petani, hal ini tentu karena permintaan pasar yang juga meningkat.
  9. Ikan Nilem : Ikan mungil yang bisa tumbuh besar ini punya daging yang gurih, apalagi kalau dimasak dengan bumbu yang pas, hmm harga mahal pun tidak masalah karena rasanya nendang banget.
  10. Ikan Gabus : Jangan remehkan ikan yang satu ini, meski kadang dianggap tidak berguna, tapi nyatanya ikan gabus juga punya banyak gizi dan disukai oleh masyarakat. Harganya terus merangkak naik karena banyak yang menyukai daging ikan yang satu ini.
Itulah 10 jenis ikan air tawar konsumsi yang punya nilai jual tinggi dan cocok untuk bisnis, silakan pilih yang cocok untuk anda dan mulailah dapatkan keuntungan darinya. Anda bisa memulai usaha budidaya atau pengolahan makanan dari ikan ini, atau yang paling mudah adalah menjadi penjual ikan air tawar, simpel dapat duitnya cepat.

Wirausahakan Updated at: 1:02 AM

0 komentar:

Post a Comment