Tips Memulai Bisnis Butik Pakaian dengan Benar

Butik merupakan salah satu bisnis yang terkesan kelas atas, hal ini dipengaruhi mindset yang sudah sejak lama tertanam di masyarakat. Butik adalah tempat membeli fashion berkualitas dengan harga mahal, yah mungkin itu yang sering kita dengan oleh beberapa orang yang mengatakan pendapatnya.

sumber gambar : liputan6.com
Butik sendiri lebih mengincar pelanggan dengan usia dewasa, dan kebanyakan adalah wanita. Namun saat ini banyak kita temui pula butik yang khsusus menyediakan pakaian muslim dengan desain bagus dan berkualitas. Fashion artis merupakan salah satu hal yang mempengaruhi sebuah brand atau produk, begitu pula dengan butik dan isinya.

Untuk memulai bisnis butik, ada beberapa tips yang bisa anda gunakan agar bisnis brandedable yang satu ini dapat memberikan keuntungan yang maksimal untuk anda, berikut adalah tipsnya :
  • Mulailah dengan sebuah hobi, jika anda memang hobi mengumpulkan pakaian berkelas makan rasanya tidak sulit untuk memulai bisnis ini karena anda sendiri paham kualitas produk tersebut.
  • Tempat jualan yang tepat, mulai dari posisinya yang ada di keramaian, penataan yang bagus, kebersihan, dan lain sebagainya.
  • Produk yang anda jual haruslah produk berkualitas, hal ini sangat penting untuk bisa bersaing dengan produk dari butik lain yang sudah ada.
  • Harga yang bersaing tentu menjadi sesuatu yang bisa menarik para pelanggan untuk masuk ke dalam butik anda.
  • Lakukan promosi berkelanjutan agar bisnis anda semakin dikenal, anda bisa melakukan promosi di media online maupun offline.
  • Bergabunglah dengan pelanggan, alangkah baiknya jika anda berteman dengan pelanggan anda agar jaringan bisnis anda cepat berkembang.
  • Berikan hadiah kecil, misalnya dengan diskon atau bingkisan lain yang bisa membuat pelanggan senang. 
Bisnis butik adalah bisnis untuk barang-barang berkelas, jadi mau tidak mau anda juga harus berkelas sebagai penjualnya. Penataan barang tentu sangat berpengaruh dalam hal ini, dari pengalaman saya ketika melihat beberapa butik yang punya display toko bagus akan lebih menarik perhatian meski produknya tidak begitu bagus.

Keuntungan bisnis butik terbilang cukup besar, hampir sama dengan produk-produk distro yang ada di pasaran. Kira-kira sekitar 30-50% keuntungannya, jadi kalau satu baju harganya 500 ribu, maka keuntungannya di kisaran 200 ribu. Usaha ini tidak mengejar banyak pelanggan, namun lebih mengejar pelanggan setia saja, karena nyatanya penikmat fashion butik kebanyakan dari kalangan menengah ke atas.

Wirausahakan Updated at: 1:16 AM

0 komentar:

Post a Comment