5 Bidang Usaha yang Paling Banyak Konsumennya

Sekitar 2 tahun yang lalu, saya sempat mengeluhkan masalah usaha yang saya hadapi, kala itu saya sedang terjun dalam bisnis yang cukup sulit. Menjual sebuah produk berkualitas dengan harga yang cukup mahal dan hanya segelintir orang yang mengetahui produk yang saya jual ini. Alhasil pelanggan yang datang ke tempat usaha saya sangat minim, kalaupun ada beberapa yang datang, mereka hanya rombongan TTD (Tanya-Tanya Doank).


Belajar dari pengalaman saya itu, nyatanya bisnis yang bagu dan berpotensi berkembang cepat adalah bisnis yang memiliki banyak konsumen. Kembali lagi dengan hukum usaha dimana ada keramaian, di situ ada peluang sukses, yah kali ini saya membenarkan hukum itu karena saya merasakannya sendiri.

Salah satu contoh pengusaha yang sukses dalam mempraktekkan bisnis ini adalah penjual mi ayam yang merupakan teman saya sendiri, dia benar-benar baru dalam bisnis kuliner yang satu ini. Jujur saja makanan yang dia buat tidak enak, kadang asin kadang kurang bumbu kadang kurang matang, namun entah kenapa usahanya terus maju dan pelanggannya banyak. Setelah saya teliti, ternyata memang di sekitar tempat usahanya itu tidak banyak pesaing penjual makanan, dan di situ banyak anak kos dan para pekerja yang butuh makan, jadi mau tidak mau mereka akan kembali ke tempat teman saya untuk memberikan uangnya hehehe.

Usaha yang banyak konsumennya di tahun 2016 ini bisa didapatkan dengan cara survei, baik di media online maupun survei secara langsung. Kalau saya biasanya survei di toko online, saya lihat barang yang banyak penjualnya dan banyak dibeli, biasanya usaha itu banyak pesaingnya namun berpotensi untuk cepat berkembang pula. Kalau di dunia nyata, anda bisa keliling di sekitar kota dan melihat berapa penjual yang menjajakan produk sejenis, kalau banyak berarti usaha itu punya banyak konsumen di kota anda. Apa saja usaha yang banyak konsumennya? Berikut adalah beberapa bidang usaha yang bisa dipilih :

Usaha Kuliner
Terserah mau jualan nasi rames, mie ayam, bakso, siomay, batagor, nasi padang, ayam goreng, ayam bakar, atau apapun kuliner yang anda bisa buat dan jual. Saya pikir kuliner adalah sebuah usaha yang gak ada matinya, karena perut manusia harus terus di isi setiap harinya, anda bisa cepat mengembangkan bisnis anda di bidang ini jika anda punya rahasianya.

Usaha otomotif
Berapa banyak motor dan mobil yang lewat di depan rumah anda? Masih adakah tetangga anda yang tak memiliki motor? Hal ini tentu saja membuktikan bahwa potensi bisnis di bidang otomotif sangat berpotensi. Anda bisa membuka usaha bengkel, menjual perlengkapan pengendara atau motor, menjual aksesoris, atau membuka jasa modifikasi.

Bidang Elektronik
Bisnis di bidang elektronik sudah membuat banyak orang menjadi kaya raya, perusahaan besar seperti LG, Sharp, Polytron, ASUS, Acer, dan lain sebagainya merupakan beberapa nama yang sudah sukses dari dunia elektronik. Anda bisa memaksimalkan peluang ini untuk menjual produk elektronik atau jasa service.

Bisnis Fashion
Ini juga salah satu bidang usaha yang tidak ada matinya, karena tiap waktu fashion selalu berubah dan menciptakan model baru yang akan diserbu oleh khalayak umum. Anda bisa menjual perlengkapan untuk produksi seperti benang dan kain, menjual produk jadi, membuka jasa menjahit, atau mungkin membuka butik atau distro.

Bidang Jasa
Tukang cukur, salon, panti pijat, kesehatan, dan berbagai jasa lain baik yang tradisional maupun yang profesional adalah bidang yang dibutuhkan oleh banyak orang. Yang terpenting dalam bisnis ini adalah pelayanan, kala anda memberikan pelayanan yang baik, maka pelanggan akan senang dengan usaha anda dan ikhlas memberikan uang berpapaun asal mereka puas.

Itulah 5 bidang usaha dengan konsumen terbanyak di Indonesia saat ini, silakan pilih salah satu atau semuanya yang anda suka, buka usahanya dan siapkan diri untuk kesuksesan yang berpotensi untuk anda dapatkan dengan cepat.

Wirausahakan Updated at: 10:03 PM

0 komentar:

Post a Comment