Tips Bisnis Sukses dari Orang-Orang Luar Negeri

Tidak bisa dipungkiri bahwa negara kita masih menjadi negara berkembang yang belum merasakan kesejahteraan dengan baik, padahal potensi untuk menjadi negara adidaya sangat terbuka lebar. Tanah yang subur, SDM yang banyak, kekayaan alam yang berlimpah, lautan luas dengan segala isinya, hutan yang lebat, dan berbagai kelebihan yang seharusnya sudah menjadikan negara kita sejahtera. Namun nyatanya rakyat masih sengsara, korupsi dimana-mana, orang sukses pindah ke luar negeri, dan negara kita seperti dijadikan tempat berteduh saja bagi orang-orang yang punya potensi, hal ini karena bangsa kita memang kurang menghargai sebuah inovasi.


Negara-negara maju yang ada di dunia ini seharusnya menjadikan contoh yang baik untuk kita semua, negara maju seperti Amerika, Rusia, Inggris, Jerman, Perancis, Jepang, Korea, Tiongkok (China), dan bahkan India, Malaysia, dan Singapura. Mereka adalah negara yang tidak lebih baik dari kita, Jepang dan Singapura luasnya hanya sekian saja dari Indonesia, Malaysia pernah di bawah negara kita, India negara yang belum lama terjadi perang saudara, dan mereka membuktikan bahwa mereka bisa berubah dan cepat berkembang.

Kebanyakan negara maju paham dengan pentingnya sektor bisnis, karena nyatanya sektor bisnis adalah pondasi sebuah negara maju di dunia ini. Para pengusaha dari negara maju di atas punya banyak tips bisnis yang dibagikan kepada semua orang, namun hanya sekian kecil saja yang bisa mempelajari dan menirunya. Apa saja tips sukses dari para pengusaha di negara maju tersebut? Berikut beberapa tips suksesnya :

Mereka punya cita-cita dan bekerja keras untuk mewujudkannya
Amerika punya produk berkualitas semacam Apple, Harley, Google, Microsoft, dll. Jerman dikenal sebagai produsen produk elektronik kenamaan dunia. Jepang, Korea Selatan, China merupakan macan Asia. India, Malaysia, dan Singapura belajar dari keterpurukan mereka, memaksimalkan yang ada dan kini mereka punya banyak produk yang go internasional.

Kebanyakan dari para penemu dan produsen dari negara-negara di atas adalah seorang pemula yang awalnya tidak meyakinkan, contoh saja Bill Gates, kalau di Indonesia mungkin dia tidak bisa mengembangkan penemuannya karena tidak ada pengusaha yang mau membantunya. Atau mungkin di tengah jalan Bill malah akan mendaftar jadi PNS, dengan harapan dia bisa hidup tenang dengan gaji bulanan yang lancar. Namun mereka mau bekerja keras dari 0, memulai mimpi mereka, berjuang mewujudkannya, dan sekarang kita tahu siapa Bill Gates, siapa Jack Ma, dan orang-orang lain yang merupakan pengusaha sukses.

Menyerah tidak ada dalam kamus hidup mereka
Saya ingat pelajaran dari beberapa penemu hebat di dunia ini, kalau tidak salah Thomas Alfa Edison pernah mengatakan bahwa jika dia mengalami 1000 kegagalan, maka dia akan mencoba 1001 kali, dengan harapan 1 kali percobaan terakhir bisa berhasil.

Orang-orang dari negara maju melakukan percobaan berulang kali kala membuat sebuah produk, dan pemerintah mau membiayai percobaan itu karena mereka sangat menghargai sebuah inovasi. Andaikan saja Indonesia bisa seperti mereka, pastinya mobil Esemka, mobi listrik, dan berbagai penemuan canggih dari anak bangsa sudah mulai diproduksi, yeah. Nyatanya kebanyakan penemu Indonesia terbentur dana, terbentur dukungan, sebagian dari mereka pindah ke luar negeri dan mengembangkan penemuannya di sana, sebagian mulai melupakan penemuannya karena terbentur keadaan.

Mereka sangat konsisten dalam bisnisnya
Orang Tiongkok membuat jarum jahit yang dijual dengan harga sangat murah, namun mereka bisa kaya raya dari produk sederhananya itu, apa rahasianya? Mereka konsisten membuat jarum dalam jumlah yang banyak, menjualnya ke seluruh dunia, menguasai pasar dan mereka bisa mendapatkan keuntungan yang banyak dari penjualan produk yang sebenarnya sangat sederhana. Apple masih PD dengan produknya yang berkelas, padahal pesaingnya, Android sudah dijadikan pilihan oleh banyak produsen gadjet di dunia, namun dengan konsistennya Apple, mereka bisa sukses dengan jalannya sendiri.

Konsisten adalah kunci sebuah perjuangan, kalau saja orang-orang Indonseia konsisten dengan usahanya, mau menerima keadaan susah, mau berjuang, dan yakin, niscaya akan banyak orang sukses yang bisa mengembangkan bisnisnya dan menguasai pasar lokal, berinovasi dan menyebarkan bisnisnya ke luar negeri.

3 Tips bisnis dari orang sukses yang berasal dari negara maju, jika kita bisa memakainya dan mengimplementasikannya, saya rasa kesuksesan tidak akan lama menghampiri kita. Misalnya saja seorang yang bisa membuat kue cubit, dia terus mengembangkan kuenya, berinovasi dengan berbagai rasa, dia punya mimpi untuk menyaingi dunkin donnats, burger, atau pizza. Dia tidak menyerah dengan keadaan bisnisnya dan terus berusaha, dia konsisten meski banyak produk baru yang keluar di pasaran, niascaya dia akan bisa menikmati kesuksesannya dengan perjuangan tersebut. Tidak menutup kemungkinan kue cubit bisa memiliki cabangnya sendiri di Amerika, kenapa tidak?!

Wirausahakan Updated at: 9:51 PM

0 komentar:

Post a Comment