Beberapa Pilihan Bisnis yang Cocok di Sekitar Pantai

Pantai adalah tempat yang indah, sebuah tempat yang membuat saya selalu rindu untuk mendatanginya kembali, dan Indonesia adalah salah satu negara yang memiliki banyak sekali pantai. Pada masa liburan, pantai merupakan salah satu tujuan utama para wisatawan untuk berlibur, dan ini adalah sebuah peluang usaha yang menjanjikan bagi anda yang berada di kawasan pantai.

sumber gambar : citrawidiastuti.wordpress.com
Saat ini sektor laut memberikan banyak peluang usaha yang sudah sejak lama berjalan, banyak nelayan yang mendapatkan ikan dari laut, banyak jasa transportasi yang menyeberangkan orang melalui laut, banyak pula perdagangan yang terjadi di sekitar laut dan pantai. Selain usaha di atas, ternyata ada banyak peluang usaha yang bisa dijalankan di sekitaran pantai, berikut adalah pilihan yang bisa anda jalankan :

Peluang bisnis kuliner di pantai
Dari pengalaman saya mengunjungi beberapa pantai, kebanyakan saya temui para penjual makanan yang ada di pinggir pantai. Berbagai macam menu kuliner ada di sekitar pantai, yang paling sering saya temui adalah penjual es segar, nasi rames, bakso, mie ayam, masakan sea food, cemilan, oleh-oleh khas pantai, dan tak sedikit penjual hasil laut seperti ikan, udang, cumi, kepiting, dan lain sebagainya.

Biasanya para penjual kuliner ini memberikan harga yang cukup mahal loh, untuk satu mangkok bakso saja harganya bisa mencapai 20 ribu, padahal isinya biasa saja. Harga yang mahal sangat wajar mengingat kebanyakan penjual makanan akan memberikan tambahan harga di tempat wisata, bukan hanya di pantai saja.

Peluang bisnis jasa di pantai
Banyak sekali peluang bisnis dari bidang jasa yang bisa dijalankan di pantai, contohnya :
  • Jasa parkir, tempat duduk, berjemur, dll.
  • Penyewaan kendaraan (kuda, mobil, motor, dll), pelampung, kamar mandi, papan selancar, alat menyelam, dll
  • Jasa kapal penyeberangan, biasanya banyak wisatawan yang ingin berlayar menikmati lautan dengan kapal.
  • Jasa penitipan barang, tak jarang pula banyak wisatawan yang menitipkan barang kala berenang, menyelam, atau pindah ke pantai lain.
  • Jasa penginapan, banyak sekali wisatawan dari luar kota atau bahkan para turis yang datang ke pantai, tentu mereka harus menginap untuk menikmati sunset atau sunrise di pantai.
  • Jasa pemandu wisata, ini yang lagi trend saat ini, banyak wisatawan yang membutuhkan pemandu untuk menikmati berbagai tempat di sekitar pantai.
Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, kembali lagi kepada prinsip bisnis di bidang jasa, pelayanan adalah yang utama, ketika anda memberikan pelayanan yang baik maka akan banyak pelanggan yang merasa puas dengan jasa yang anda tawarkan, hal ini sangat berpengaruh dengan perkembangan bisnis anda.
Peluang bisnis penjualan produk khas pantai
Biasanya wisatawan yang datang ke pantai akan membeli beberapa barang untuk oleh-oleh atau kenang-kenangan. Anda bisa menyediakan berbagai macam produk yang "pantai abis" untuk para wisatawan, misalnya saja baju khas pantai (biasanya ada tulisannya :D), cinderamata, layang-layang, bola, pancing, dan berbagai macam pernak-pernik pantai lainnya.

Banyak sekali peluang bisnis yang bisa dijalankan di sekitar pantai, tinggal pilih sendiri yang cocok dengan keinginan anda. Yang penting segera laksanakan bisnis yang anda inginkan, dan tunggu musim liburan datang, jangan lupa siapkan tenaga kala banyak pelanggan, ditambah lagi (jangan lupa sedekah kalau untung besar :P).

Wirausahakan Updated at: 10:17 PM

0 komentar:

Post a Comment