Sistem Bisnis "Tersembunyi" dari Browser Adblock yang Harus Kamu Tahu

Beberapa tahun terakhir terjadi perubahan besar di dunia bisnis, dengan semakin canggihnya teknologi membuat banyak orang semakin mudah mendapatkan akses ke internet. Hal ini yang memicu perpindahan sektor bisnis dari dunia offline menjadi bisnis online, dan bisa kita saksikan saat ini banyak sekali pemain dalam bisnis online baik yang pro maupun yang newbie.


Salah satu bisnis online yang paling berkembang adalah bisnis periklanan di internet, dengan kerja sama antara pengiklan, penyedia iklan, dan pemasang iklan (blogger) seperti saya, toh nyatanya banyak pihak yang diuntungkan. Pengiklan semakin mudah dalam mempromosikan bisnisnya, penyedia iklan mendapat banyak relasi bisnis, pemasang iklan seperti saya bisa mendapat sedikit receh untuk membeli pulsa guna mengupdate isi blog, dan para pengakses blog di internet bisa mendapatkan berbagai macam berita dan informasi penting.

Namun semua berubah saat negara api menyerang, eh salah maksudnya saat adblocker menyerang. Banyak sekali penyedia browser yang memasang adblock di browser mereka guna menahan iklan, hal ini karena keluhan beberapa pengguna internet yang terganggu dengan iklan. Sebut saja yang paling terkenal, UC Browser, sebuah aplikasi yang kini menjadi salah satu pilihan pengguna internet karena mengaku "bebas dari iklan". Betulkah begitu?

Asal kalian tahu saja, browser adblock sebenarnya punya sistem bisnisnya sendiri yang saya katakan cukup "licik", kenapa? Mereka membuat browser adblock untuk mem-block iklan dari berbagai penyedia iklan yang ada, namun nyatanya mereka malah memasang iklannya sendiri di dalam browsernya. Silakan anda periksa sendiri di browser adblock yang anda gunakan! Saya mendapati browser adblock memang menahan iklan yang ada di blog dan website besar, pada awalnya memang benar-benar bersih dari iklan, namun lama kelamaan mereka malah memasang iklannya sendiri di halaman utamanya. Silakan periksa sendiri di hompage browser anda, dari atas sampai bawah isinya iklan semua, mulai dari web berita, aplikasi, video, dan berbagai macam iklan yang memenuhi browser.

Jujur saja saya sebagai seorang blogger terkadang merasa miris dengan keadaan ini, saya menyajikan berbagai berita dan informasi di blog saya, pembaca mengakses blog saya dan mendapat informasi yang dibutuhkan secara gratis, saya memasang iklan dengan penghasilan yang minim (jujur dalam satu bulan pendapatan blog ini belum cukup untuk mengganti pulsa internet saya), dan dengan adanya adblock yang merajalela, membuat pendapatan saya semakin kecil saja. Andaikan bukan karena hobi nulis dan ingin berbagi dengan para pengusaha muda, sepertinya saya sudah tidak menulis lagi, untungnya saya membuat blog ini bukan hanya mengejar penghasilan saja, namun saya juga ingin berbagi kisah saya dalam dunia wirausaha.

Yah mungkin itulah uneg-uneg masalah saya selama ini, artikel ini hanya sebagai curhatan dan sedikit informasi bagi kalian bahwa di dunia ini banyak sistem bisnis yang terkesan cerdik namun sebenarnya ah sudahlah.

Wirausahakan Updated at: 9:27 PM

0 komentar:

Post a Comment