Pengalaman Sukses Dalam Bisnis ATK (Alat Tulis Kantor)

Salah seorang teman saya adalah bapak-bapak berumur 40 tahunan, dia adalah salah satu pengusaha sukses di desanya. Saya sangat senang ketika bertemu dengannya, karena dia tidak pelit dalam berbagi pengalamannya dalam dunia usaha, dan saya pikir dia punya otak bisnis yang cukup canggih.

sumber gambar : blogkatahatiku.blogspot.com
Menurut pengakuan teman saya ini, dia memulai bisnis ATK (alat tulis kantor) dengan keraguan, pasalnya dia tinggal di desa dan potensi bisnis di sana kurang maksimal untuk jual beli peralatan seperti itu. Dengan kenekadan ala pengusaha, teman saya ingin mewujudkan keinginannya dalam dunia usaha itu.

Keadaan awal usahanya penuh perjuangan, sebagai seorang suami yang baru beberapa bulan menikah, dia dan istrinya adalah pasangan suami istri yang harus menerima kenyataan dunia usaha yang sulit. Dengan modal minim yang dimilikinya, teman saya nekad meminjam modal ke bank untuk membuka usahanya.

Modal awal di kisaran 5-10 juta saja, dia menyulap kamar depan di rumah mertuanya menjadi ruang untuk jualan alat tulis kantor yang awalnya ditunjukkan untuk kalangan siswa dan guru saja. Keadaan desanya saat itu hanya memiliki 1 sekolah dasar saja, tidak ada SMP apalagi SMA, jadi usahanya sangat berat pada awalnya.

Dengan ketekunan dan keyakinannya, usaha itu terus berjalan meski terkesan lambat, hingga akhirnya keadaan berubah kala banyak sekolah yang berdiri di sekitar tempat usahanya itu. Dia mengingat kembali ketika pada awal tahun ada SMP yang buka di desanya, usahanya mulai ramai dengan beberapa siswa dan orang tua yang membeli perlengkapan sekolah seperti alat tulis dan perlengkapan seragam sekolah.

Semakin berkembang usahanya, semakin banyak barang dagangannya, dan tempat usahanya sudah tidak bisa menampung barang yang dia jual. Akhirnya dia meminjam modal lagi ke bank dan membeli tanah di dekat rumahnya, kemudian dia membangun sebuah toko dan memindahkan tempat usahanya ke situ. Berbeda dengan masa awal usahanya, saat menghuni toko barunya, dia tidak mengalami kesulitan banyak karena usahanya sudah dikenal warga.

Dia sudah memiliki usaha yang cukup besar dan dia sadar pasti akan ada pesaing yang datang, kemudian dia semakin memperbesar usahanya dan membuka pembelian grosir untuk beberapa pesaing yang ada di sekitar tempat usahanya itu. Kini teman saya menjadi salah satu pengusaha ATK yang sukses di daerahnya, dia sering menyuplai berbagai barang keperluan sekolah dan kantor di sekitar tempat tinggalnya. Karyawannya ada 3, dan tempat usahanya selalu ramai karena banyak pekerjaan yang berdatangan, apalagi setelah dia menambah usahanya dengan membeli mesin foto copi dan paket komputer untuk membantu orang yang ingin mengerjakan tugasnya.

Saya banyak belajar dari pengusaha ATK yang sukses ini, dia kadang memberikan beberapa tips usaha yang menurut saya sangat bagus untuk perkembangan usaha saya. Salah satu yang saya ingat adalah tips bagaimana bertahan di dalam situsasi yang paling sulit kala di awal usaha, katanya kita harus yakin dengan diri kita sendiri dan menyerahkan segala urusan kita kepada Allah SWT.

Wirausahakan Updated at: 1:49 AM

0 komentar:

Post a Comment