Penyebab Toko Online Sepi & Tips Mengatasinya

Pada awal memulai bisnis online, saya sempat berfikir bahwa bisnis online itu mudah dan berpeluang untuk berkembang dengan cepat. Toh nyatanya banyak sekali ilmu yang tidak saya pahami sama sekali, bahkan sampai sekarang. Dulu bahkan saya kira jika telah membuat toko online, maka pesanan akan berdatangan dengan sendirinya, toh nyatanya sangat sulit dan kadang saya merasa ingin menyerah karena masalah usaha ini.


Toko online atau online shop sebenarnya sama dengan toko di dunia nyata, untuk bisa membuatnya ramai dan berkembang, perlu dilakukan perawatan yang baik. Banyak sekali masalah yang harus dihadapi sebuah toko online untuk bisa berkembang dan dikenal oleh para netizen, langsung saja berikut adalah penyebab toko online sepi dan cara mengatasinya :

Harga yang terlalu mahal
Hampir semua orang yang mencari produk di internet pasti melihat harganya terlebih dahulu, jika harganya murah maka dia akan tertarik untuk melihat bahkan memesannya. Namun jika harga yang ditawarkan sangat jauh dibandingkan dengan toko online lainnya, maka jangan harap pelanggan akan berminat membeli produk di toko online anda.

Cara mengatasi masalah harga yang klasik ini cukup mudah, anda harusnya melakukan survey harga terlebih dahulu di toko online lainnya, kalau anda melihat harga kisaran mereka terlalu murah dengan harga yang anda tawarkan, ada baiknya anda segera menurunkan harganya. Perang harga adalah hal yang wajar di bisnis online, jangankan mau ambil untung sedikit, ada juga loh yang jual produknya di bawah harga pasaran hanya untuk promosi toko online-nya, atau cuci gudang semata, mereka kadang menjadi masalah untuk pedagang online lainnya karena harga di pasaran rusak.

Tampilan website yang bermasalah
Pernahkah anda mendapati sebuah toko online yang berat saat dibuka, tampilannya berantakan, gambarnya tidak jelas, banyak widget yang bertumpukan, navigasi membingungkan, sering direct halaman, refresh sendiri, atau bahkan ada video yang secara otomatis memutar sendiri? Kalau saya mendapati halaman seperti itu, pasti saya langsung menutupnya!

Cara mengatasi masalah ini tentu saja anda harus merubah website online store anda, hilangkan widget yang tidak penting, percepat loading web, ganti template yang bagus dan simple, perbaiki navigasi, dan buatlah orang merasa nyaman saat membuka website e-commerce anda.

Produk yang kurang menarik
Jika anda menjual smartphone, dan anda menampilkan gambar yang asal-asalan, tanpa deskripsi yang jelas, maka pelanggan yang mampir ke toko online anda akan segera menutup halaman anda. Alasannya karena tampilan produk yang anda tawarkan tidak menarik sama sekali, mereka kurang puas dengan apa yang ada di halaman online shop anda.

Cara mengatasi masalah ini dengan memperbaiki foto produk anda, gunakanlah banyak foto dari beberapa sudut produk anda. Tambahkan keterangan yang jelas, tunjukkan kelebihan dan kekurangannya, berikan manfaatnya dan berbagai kata-kata merayu lainnya yang akan membuat pelanggan berminat dengan produk yang anda tawarkan.

Pelayanan yang kurang baik
Saya sering mengalami masalah yang satu ini, ketika pelanggan mencoba menghubungi saya dan saya sedang tidak memegang HP, biasanya mereka akan jengkel dan malas untuk bertanya tentang produk kita. Atau kadang ketika mereka kurang direspon, maka mereka juga akan kecewa terlebih dahulu. Kadang pelayanan adalah hal sepele yang sangat mempengaruhi pelanggan untuk jadi membeli di toko online kita.

Cara mengatasi masalah ini tentu saja dengan merubah gaya pelayanan kita, saya sendiri belajar banyak cara menangani pelanggan cukup lama, bagaimana menangani pelanggan yang cerewet, tidak sabaran, mintanya banyak, dan lain sebagainya. Ingatlah pepatah yang mengatakan bahwa pelanggan adalah raja!

Promosi yang salah
Promosi di sini bukan hanya di toko online saja loh, kadang ada yang mengira dengan memiliki sebuah toko online maka pelanggan akan datang dengan sendirinya. Padahal kita harus bisa memastikan toko online kita ada di halaman depan mesin pencari seperti Google, Yahoo, atau Bing. Selain itu, kita juga harus promosi melalui sosial media seperti FB, twitter, instagram, dan lain sebagainya yang memiliki tautan menuju website toko online kita.

Cara mengatasi masalah ini dengan menggunakan jasa periklanan semisal di Adwords Google, FB ads, twitter ads, instagram ads, dan lain sebagainya. Anda juga bisa menggunakan jasa SEO agar postingan anda berada di halaman depan mesin pencari.

Toko online hampir sama seperti toko offline, perlu perawatan dan pembenahan untuk bisa mengembangkannya menjadi besar dan mendatangkan keuntungan kepada anda. Belajarlah bagaimana menggunakan media internet dengan baik.

Wirausahakan Updated at: 3:46 AM

0 komentar:

Post a Comment