Analisa Lengkap Usaha Telur Asin Agar Sukses

Telur asin adalah makanan yang saat ini banyak disukai oleh orang Indonesia, biasanya telur asin terbuat dari bahan baku telur bebek, namun ada pula yang menggunakan telur puyuh sebagai bahan dasarnya. Telur bebek sepertinya lebih populer dengan telur asin karena telur bebek memiliki kandungan gizi lebih baik dibandingkan dengan telur lain, selain itu harga jualnya juga termasuk tinggi dibandingkan dengan yang lainnya.

sumber gambar : endogasin.wordpress.com
Brebes adalah sebuah kota yang dikenal sebagai produsen telur asin terbaik di Indonesia, banyak produk telur asin yang berasal dari kota di Jawa Tengah ini. Banyak pengusaha telur asin sukses yang berasal dari kota ini, dan produk mereka sudah tersebar hampir ke seluruh Indonesia. Omset para pengusaha telur asin cukup besar, mulai dari pengusaha yang masih dalam taraf kecil, mereka bisa mendapatkan omset hingga puluhan juta tiap bulannya, dan ada pula pengusaha besar yang sudah lama berkecimpung dalam bisnis ini dan omset mereka sudah ratusan juta Rupiah tiap bulannya.

Modal awal usaha telur asin
Jika anda ingin mencoba usaha telur asin, rasanya modal bukanlah masalah yang terlalu serius karena dengan modal di bawah 1 juta saja, anda sudah bisa menjalankan bisnis yang satu ini. Bahan baku yang dibutuhkan untuk membuat telur asin diantaranya adalah telur bebek atau telur puyuh mentah, batu bata yang dihaluskan, aneka rasa bumbu, dan garam. Bahan-bahan itu bisa didapatkan dengan mudah di pasaran dan harganya tidak terlalu mahal.

Cara membuat telur asin
Untuk membuat telur asin juga bukanlah hal yang sulit, berikut adalah cara membuat telur asin :
  • Bersihkan telur dari kotoran yang menempel di permukaan kulit telur, pilih telur dengan kualitas yang bagus.
  • Membuat tempat pengasinan, yaitu campuran bata halus (bisa juga abu), garam, dan aneka rasa yang anda inginkan.
  • Lumuri telur dengan adonan pengasinan dan taruh pada wadah yang disediakan, biarkan selama 2 minggu agar rasa asin dan tambahan rasa lain meresap ke dalam telur.
  • Setelah 2 minggu, ambil telur, bersihkan, dan rebus sampai matang. Tunggulah sampai dingin dan anda bisa menambahkan stempel di kulit telur tersebut untuk mengenalkan nama usaha anda.
sumber gambar : pelajaricaranya.blogspot.com
Sangat mudah bukan untuk membuat telur asin, dengan bahan standar yang bisa anda dapatkan dengan murah dan mudah di pasaran.

Cara memasarkan telur asin
Untuk memasarkan telur asin, anda bisa menggunakan media online atau offline untuk promosi. Namun alangkah lebih baik jika anda bisa mendapatkan rekan bisnis sebagai jaringan usaha anda, bisa saja anda memasok telur asin kepada pengusaha katering, pertokoan, penjual di pasar, atau pengecer telur asin yang biasanya berkeliling menjajakan dagangannya ini.

Untuk membuat nama usaha lebih profesional, maka ada baiknya anda memberikan stempel di kulit telur dengan nama usaha dan alamat yang jelas. Kemas telur asin dengan wadah yang bagus dan menarik, sebuah kemasan yang bagus akan menambah nilai jual sebuah produk.

Potensi keuntungan usaha telur asin
Menurut beberapa sumber yang saya baca, keuntungan bisnis telur asin ini ada di kisaran 20% dari omset penjualan. Jadi jika dalam satu hari anda menjual 500 butir telur asin dengan harga 1 butirnya 3 ribu, maka omset harian anda Rp 1.500.000, 00, dan dalam satu bulan omset anda mencapai Rp 45.000.000, 00. Dengan omset itu, anda berkesempatan mendapatkan keuntungan hingga Rp 9.000.000, 00 tiap bulannya.

Bagi anda yang ingin mencoba bisnis kuliner asli Brebes ini, ada baiknya anda dibantu karyawan karena dalam pembuatan telur asin cukup membutuhkan tenaga yang banyak. Silakan bagi anda yang ingin mencobanya bisa memulai dengan segera dan dapatkan keuntungan yang berkelanjutan dari bisnis kuliner yang satu ini.

Wirausahakan Updated at: 1:00 AM

0 komentar:

Post a Comment