Pengalaman Saya Membuat Toko Online dengan Blogspot & Wordpress

Pada awal memulai usaha, saya ingin memiliki toko online sukses seperti Bhinneka, namun kala itu saya sadar bahwa pengetahuan dan keahlian saya dalam membuat website sangat minim. Bahasa pemrograman, hosting, domain, database, dan beberapa hal yang dibutuhkan tidak saya ketahui sama sekali.


Karena saya tidak bisa membuatnya, lalu saya mencoba meminta bantuan kepada orang lain. Saya berkenalan dengan salah satu programer web yang biasa membuat website, nah pas saya tanyakan harganya eh ternyata di kisaran 1 juta hingga puluhan juta. Modalnya cukup besar, belum lagi kalau ada yang eror atau kebutuhan maintenance yang saya tidak tahu, sepertinya kala itu teknologi bukan meringankan tapi menyusahkan (karena pengetahuan yang minim).

Sempat menyerah dengan yang namanya toko online impian, namun akhirnya Allah SWT menunjukkan jalan ketika saya mencari informasi di internet, ternyata ada banyak artikel yang memberikan tips membuat toko online dengan blogspot. Alhamdulillah masih ada jalan, yah walaupun saya paham betul kalau memakai blogspot atau wordpress gratisan terkadang dianggap "gak modal", tapi biarlah namanya juga usaha heee.

Langkah awal saya membuat email di gmail.com, satu akun ini bisa dipaka untuk mengakses semua aplikasi yang disediakan oleh Google, contohnya blogger, Google plus, Map, youtube, drive, dll. Setelah saya membuat email, lalu saya membuat blog di blogger. Hal pertama tentu membuat domain (alamat), lalu setelah terdaftar tinggal saya merubah beberapa setelan yang dibutuhkan, mencari template toko online, dan mulai mengisi artikel produk saya beserta kontak yang bisa dihubungi.
  • Dalam memakai blogspot untuk toko online, saya tidak memakainya seperti website e-commerce profesional yang menyediakan form pembelian langsung menuju ke email. Saya tidak bisa standby terus memeriksa email, jadi saya siasati dengan menghilangkan form pemesanan dengan alamat dan kontak yang bisa dihubungi. Jadi kesannya lebih untuk promosi, bukan untuk jualan secara langsung seperti toko online profesional.
Sambil mengisi artikel dengan produk, saya juga sambil belajar cara membuat postingan yang bagus di mata pembaca dan mesin pencari, belajar caranya membuat backlink, teknik seo standar, dan lain sebagainya yang memang harus dikuasai oleh seorang blogger.

Setelah membuat toko online dengan blogspot, saya mengulanginya dengan membuatnya di wordpress, hal ini selain untuk menjaga nama domain, juga untuk menambah peluang blog saya diakses oleh orang lain. Sebenarnya ada banyak penyedia layanan pembuatan blog gratis, tapi saya memilih 2 itu karena memang terkenal sudah lama dan bagus.

Pada awalnya, berbulan-bulan tidak ada pengunjung blog, namun setelah belajar tentang seo dan backlink, akhirnya artikel saya muncul dan berangsung menembus ke halaman pertama. Alhamdulillah, setelah beberapa bulan akhirnya mulai ada pengunjung yang datang ke blog, kebanyakan dari mereka kemudian menghubungi saya melalui kontak yang ada, namun ada pula yang langsung datang ke toko saya setelah melihat alamat yang tertera.

Saya senang sekali ketika ada pelanggan yang datang dan berkata "saya tadi lihat di google, jadi langsung ke sini", hmm perjuangan saya (yang kurang modal) ini akhirnya membuahkan hasil juga. Kalau dihitung-hitung, kayaknya dari blog saya sudah ada banyak pelanggan yang datang dan mendatangkan omset serta keuntungan yang lumayan banyak jumlahnya.

Lama saya menggunakan blogspot dan wordpress, sempat ada yang menawarkan website profesional dengan php yang dijual murah, waktu itu saya beli di kisaran 500 ribu, tapi entah kenapa saya enggan memakainya dan malah tetap menggunakan blogspot dan wordpress yang tidak pernah saya ganti domainnya dengan yang profesional. Saya pikir ini adalah jejak perjuangan saya, walau gak modal, tapi ada bekas perjuangan dari 0 sampai paham sedikit demi sedikit mengenai bisnis online.

Itulah pengalaman saya membuat toko online dengan blog gratisan, mungkin anda akan tertawa melihat seseorang seperti saya yang ingin memulai bisnis online tapi tidak mau modal. Tapi asal anda tahu, banyak sekali di luar sana yang memiliki nasib seperti saya (gak punya modal uang), untungnya Allah SWT masih memberikan modal berupa kemauan dan keyakinan, yah semua ada jalannya.

Wirausahakan Updated at: 7:55 AM

0 komentar:

Post a Comment