Informasi & Fungsi Panca Usaha Tani & Sapta Usaha Tani Saat Ini

Panca usaha tani dan sapta usaha tani merupakan sebuah program pertanian warisan dari presiden Soeharto, namun nyatanya ini merupakan salah satu program pertanian yang sangat bermanfaat. Sampai saat ini, program ini masih banyak dipakai dan dimaksimalkan untuk kesejahteraan para petani dan rakyat Indonesia.

sumber gambar : caraksara.blogspot.com
Isi dari panca usaha tani ada 5 poin, seperti dikutip dari yahoo answer, berikut adalah isinya :

1. penggunaan bibit unggul
Benih unggul merupakan benih yang telah di pilih dan di pilah agar menghasilkan kualitas yang baik dan tahan hama penyakit dan gangguan lainnya. Penggunaan bibit unggul merupakan salah satu upaya yang dilakukan untuk meningkatkan produksi.

2. Pengolahan tanah yang baik
Tanah yang baik adalah tanah yang mampu menyediakan unsur-unsur hara secara lengkap. Selain harus mengandung zat organik dan anorganik, air dan udara, yang tidak kalah penting adalah pengolahan tanah yang bertujuan memperbaiki struktur tanah. Tanah yang gembur akibat pengolahan memiliki rongga-rongga yang cukup untuk menyimpan air dan udara. Kondisi ini juga menguntungkan bagi mikro organisme tanah yang berperan dalam proses dekomposisi mineral dan zat organik tanah.

3. Penumpukan yang tepat
Pemupukan bertujuan untuk menggantikan hara yang hilang terbawa panen, volatilisasi, pencucian, fiksasi, dan sebagainya.Dalam upaya meningkatkan kesejahteraan petani dan daya saing usaha tani produk pertanian serta sejalan dengan berbagai isu lingkungan dan pertanian berkelanjutan yang berbasis sumber daya, makin mendorong perlunya rekomendasi teknologi spesifik lokasi,terutama pupuk.

4. Pengendalian hama/penyakit
Pengendalian hama dapat dilakukan dengan beberapa cara, yaitu mekanis, lingkungan atau ekologi, dan kimiawi.

5. Pengairan atau irigasi
irigasi adalah usaha penyediaan dan pengaturan air untuk menunjang pertanian, yang jenisnya meliputi irigasi air permukaan, irigasi air bawah tanah, irigasi pompa dan irigasitambak. Rismunandar (1993) menjelaskan bahwa yang disebut irigasi merupakan usaha pengendalian, penyaluran dan pembagian air yang benar–benar diatur oleh manusia danair benar–benar tunduk kepada manusia. Manfaat irigasi air tanah sebagai sumber air pertanian bagi petani pemakai air tanah, bagaimana mekanisme dan kontribusi pembayaran irigasi airtanah oleh petani pemakaiairtanah.

Selain itu ada tambahan yang merupakan kelanjutan dari program ini, yaitu sapta usaha tani, ada 2 poin tambahan yaitu :

6. Pasca Panen
Pascapanen ialah tahap yang sangat penting karena kebanyakan masyarakat kita menggunakan atau menjual langsung hasil panennya, yah dengan adanya program yang satu ini membuat banyak petani yang akhirnya bisa menyimpan hasil panennya sehingga tidak ada lagi cerita kelaparan dan kekurangan makanan kala masuk musim paceklik.

7. Pemasaran Hasil Panen
Program pemasaran yang dikembangkan pemerintah cukup membantu, karena dengan adanya kerja sama ini akhirnya banyak petani yang bisa dengan mudah memasarkan hasil panennya, bukan hanya ke dalam negeri namun juga ke luar negeri.

Fungsi panca usaha tani dan sapta usaha tani memang benar adanya, namun sayangnya masih banyak oknum yang mengambil keuntungan untuk dirinya sendiri sehingga membuat program ini goyah, buktinya program swasembada beras masih belum beres juga, padahal dengan lahan yang sangat luas di negeri kita ini harusny kita sudah mampu loh.

Seharusnya program semacam ini terus dikembangkan karena memang kita adalah negara yang berpotensi sukses dari segi pertanian, pemerintah seharusnya memberikan bantuan kepada para petani agar bisa berkembang, yah semoga saja kita bisa berkembang dan semakin maju dari segi usaha tani.

Wirausahakan Updated at: 9:33 PM

0 komentar:

Post a Comment