Cara Menjual Produk / Jasa Sendiri dengan Mudah & Percaya Diri

Terkadang ada seorang yang bisa membuat masakan enak, mampu menciptakan resep kuliner yang inovatif, namun tidak berani memasarkannya sendiri karena kurang percaya diri, hasilnya yah dia lebih memilih untuk bekerja di restoran atau rumah makan. Rasa kurang percaya diri dengan kemampuan pribadi kadang menghambat orang untuk menunjukan jati diri dan kemampuannya.


Saya sendiri punya kenalan seorang yang hobi dalam dunia fotografi, hasil jepretan fotonya terbilang bagus dan menjual banget. Tapi ketika ada yang meminta jasanya untuk foto pre-wedding, pernikahan, atau moment lainnya, dia menolak dengan alasan yang klasik, kurang peralatan, kurang mahir, masih newbie, dan lain sebagainya. Sedangkan teman saya yang lain yang kurang ahli dalam dunia kamera ini, dia berani mengambil resiko dan mengambil banyak job yang ada, hasilnya kini dia sudah menjadi salah satu fotografer profesional dengan mengandalkan jaringannya, dia masih belum ahli sampai sekarang namun sudah mem-bisnis-kan hobinya.

Ada lagi salah satu contoh yang sangat umum, seorang sales marketin di sebah perusahaan A akan sangat percaya diri menawarkan produk perusahaannya, namun kebanyakan tidak berani jika harus menawarkan produknya sendiri atau produk orang lain yang belum punya nama, betul? Kebanyakan masih PD jadi karyawan daripada jalan sendiri jadi pengusaha, padahal aslinya mampu!

Jika saat ini anda memiliki sebuah produk buatan sendiri atau anda dalam bagian usaha kecil (biasanya usaha rumahan), dan anda ingin memasarkan produk anda, maka ada baiknya anda memperhatikan hal-hal berikut ini untuk meningkatkan rasa percaya diri anda terhadap produk atau jasa yang akan anda tawarkan :
  • Anda harus tahu dengan produk / jasa yang dijual, hal ini tentu saja untuk meyakinkan pelanggan bahwa anda menawarkan sesuatu yang anda pahami, ini adalah nilai jual seorang marketing.
  • Anda harus tahu perbedaan dengan pesaing, misalnya saja kripik anda lebih gurih dan tahan lama dengan pesaing, maka itu akan menambah rasa percaya diri anda karena anda tahu kelemahan pesaing.
  • Anda harus bisa menutupi kekurangan, misalnya saja kripik anda kurang enak, maka maksimalkan kelebihannya, atau jujur saja dan minta saran serta kritik kepada pelanggan, hal ini akan membuat produk yang anda tawarkan lebih bernilai dan dihargai.
  • Anda harus yakin, ingatlah bahwa produk yang sudah terkenal dulunya adalah produk baru yang tidak dilirik orang lain sama sekali, semua butuh waktu bos!
  • Anda punya target jangka pendek dan panjang, saya sendiri menargetkan penjualan produk saya agar tiap bulan bisa naik, namun saya juga punya target jangka panjang dimana kelak akan banyak yang mau menjualkan produk saya.
Jika anda bisa memaksimalkan tips jualan di atas, maka saya yakin anda akan percaya diri dalam merintis usaha anda. Bukan tidak mungkin anda akan menemui kesuksesan dengan produk dan jasa anda sendiri dalam waktu yang singkat.


Untuk menjual produk atau jasa anda sendiri, gunakanlah cara-cara sederhana ini dengan berlanjut, targetkan jangkan panjang untuk memasarkan produk agar anda tidak menyerah di tengah jalan. Anda bisa memakai tips memasarkan produk atau jasa ini :
  • Promosikan produk anda secara berkala melalui media online dan offline, caranya silakan lihat di blog ini (masukkan kata kunci "cara memasarkan produk / jasa" di kolom pencarian)
  • Berikan hadiah untuk pelanggan berupa diskon, penghargaan kecil, atau mungkin bingkisan yang tidak berhubungan dengan produk anda, ini adalah cara yang dipakai oleh Bob Sadino dalam bisnisnya.
  • Produk baru anda harus disertai testimoni, namun jangan berlebihan. Mintalah saran dan kritik dari pelanggan, lalu kumpulkan dalam sebuah wadah yang bisa dilihat oleh orang lain, hal ini untuk menarik perhatian dan minat dari orang.
  • Kembangkan jaringan bisnis anda, jika sudah mulai laku maka carilah reseller atau dropshipper agar jaringan bisnis anda mudah berkembang.
Sebenarnya banyak sekali orang yang berpotensi sukses dengan keahliannya yang bisa membuat sebuah produk atau menawarkan jasa, namun karena faktor malu, minder, kurang percaya diri, dan sikap negatif lainnya yang kadang menghambat kemajuan seseorang. Hilangkanlah sifat jelek itu, yakinlah bahwa anda mampu!

Wirausahakan Updated at: 9:23 PM

0 komentar:

Post a Comment