Mari Bicara Tentang Agribisnis yang Harusnya Sukses di Indonesia

" Orang bilang tanah kita tanah surga, tongkat kayu dan batu jadi tanaman ", sebuah penggalan dari lirik lagu Koes Plus yang berjudul kolam susu. Lirik di atas bukanlah sebuah khayalan belaka, silakan anda coba menancapkan batang bambu atau atau batang singkong, atau batang kayu sekalipun, kalau hal itu dilakukan di Indonesia niscaya kita bisa mendapati bahwa batang itu akan tumbuh tunas dan akarnya, hal ini menunjukkan betapa suburnya tanah yang kita diami ini.

Indonesia itu luas, tanahnya subur, lautnya luas, air mengalir dengan deras, banyak harta karun di dalam tanahnya, masyarakatnya sangat banyak, namun entah kenapa kita masih saja belum bisa berkembang menjadi negara yang maju.

Bahan pangan masih impor dari luar negeri, harta karun di dalam tanah diolah oleh pihak asing, lautan yang penuh dengan kekayaannya belum bisa diambil dengan maksimal, sungai yang mengalirkan air kini berubah menjadi aliran sampah industri dari pabrik yang kebanyakan milik orang asing.

sumber gambar : pameranpertanian.blogspot.co.id
China, Amerika, Thailand, Jepang merupakan negara maju yang bisa memaksimalkan hasil dari pertanian dan peternakan mereka, lalu ada Belanda yang harus membendung lautan hanya untuk menambah luasnya negara mereka, namun Belanda juga sukses dengan agribisnis mereka. Dan yang sangat miris adalah majunya pertanian di Israel, kalian tahu Israel yang ada di timur tengah sana? yang negaranya sibuk perang? yang kawasannya terlihat tandus dengan banyak gurun pasir, nyatanya mereka sukses menghasilkan pertanian yang maju dengan hasil tani yang berkualitas.

Seharusnya kita sudah tidak membutuhkan impor bahan pangan dan hewan ternak dari luar negeri, seharusnya kita sudah bisa memaksimalkan lahan luas yang lebih subur dari negara lainnya, seharusnya kita yang memiliki kesempatan ini sudah bisa menciptakan berbagai alat dan terobosan teknologi untuk meningkatkan agribisnis di Indonesia. Bukankah di Indonesia banyak Institut Pertanian? Banyak sarjana pinter donk!

Kita masih berharap suatu ketika negara kita akan berubah menjadi negara yang maju pertaniannya, bisa ekspor beras, jagung, buah-buahan dan hasil pertanian lain yang berkualitas ke luar negeri. Negara kita punya peternakan yang mampu menghasilkan sapi berkualitas, ayam, kambing, dan hewan ternak lainnya sehingga kita bisa mengirimkan ke luar negeri. Semoga kita akan mendapati sungai yang jernih lagi, lahan pertanian yang luas dan hijau, perkebunan yang maju, para petani yang datang ke sawah menaiki mobil bagus, menggarap sawahnya dengan mesin canggih, atau mereka di rumah saja dan pekerja asing yang menggarap lahan mereka, well suatu saat nanti semoga hal itu bisa tercapai.

Wirausahakan Updated at: 7:53 AM

0 komentar:

Post a Comment