Analisa Usaha Warung Makan Lesehan Sederhana dengan Modal Kecil

Meski banyak restoran dan cafe yang memberikan tampilan mewah, namun nyatanya saat ini malah banyak rumah makan dan warung yang lebih laris dengan konsep klasik. Tempat duduk lesehan, tempat sederhana dengan dinding dari kayu, bambu, tabag, dan bahkan ada yang tak dipasangi dinding. Selain itu, ada pula tempat makan yang tidak memberikan sendok dan garpu untuk pelanggannya, dengan konsep makan memakai tangan langsung, nyatanya hal ini malah disukai oleh banyak orang.

sumber gambar : telagawahyu.blogspot.com
Saya pikir dengan keadaan ekonomi masyarakat Indonesia yang menengah ke bawah, membuat banyak orang lebih nyaman untuk makan dan nongkrong di tempat yang sederhana. Entah itu rumah makan, cafe, warung kopi, atau bahkan angkringan, pastinya lebih diminati jika dibandingkan dengan tempat lain yang terkesan mewah. Hal ini kembali lagi kepada faktor harga dan kenyamanan yang dipentingkan oleh para pelanggan.

Konsep warung makan lesehan mungkin bisa anda pakai jika ingin memulai bisnis kuliner, selain sederhana dan banyak disukai, toh nyatanya modal yang dikeluarkan tidak terlalu besar. Anda tidak perlu membeli kursi dan meja dengan harga yang mahal, cukup sebuah meja sederhana dan alas dengan karpet murah saja sudah bisa dipakai. Untuk memulai usaha warung lesehan, ada beberapa hal penting yang harus anda perhatikan, diantaranya adalah :
  • Lokasi usaha yang tepat, anda bisa mengincar pasar kelas menengah ke bawah seperti para mahasiswa, pelajar, atau pekerja. Tempat yang cocok tentu saja di keramaian, misalnya saja alun-alun kota, taman kota, pasar, atau tempat nongkrong lainnya.
  • Makanan yang sesuai, namanya juga warung lesehan sederhana, jadi jangan menjual spageti atau pizza, dengan menu ayam bakar atau ayam goreng saja sudah sangat cukup mewah dengan konsep bisnis seperti ini
  • Harga yang murah, ini hal penting dalam bisnis kuliner, selain rasa yang enak, harga murah juga sangat mempengaruhi kepuasan pelanggan. Masa iya, tempatnya sederhana eh harga es teh satu gelas 15 ribu, kan gak banget!
  • Pelayanan yang welcome & friendly, kalau bisa anda membaur dengan pelanggan dan buat mereka nyaman di tempat usaha anda, niscaya mereka akan datang lagi ke tempat anda
  • Rasa makanan nomor 1, tentu saja yang namanya bisnis kuliner selalu mengutamakan rasa, karena rasa tak pernah bohong.
  • Tambahkan fasilitas, gak usah bingung-bingung dengan yang satu ini, anda tambahin TV dan adain nonton bareng pertandingan sepakbola aja pasti ramai deh usahanya.
Setelah memenuhi tips di atas, silakan mulai usaha kuliner warung makan sederhana anda dan dapatkan keuntungan berlimpah dari hal sederhana ini.

Wirausahakan Updated at: 8:57 PM

0 komentar:

Post a Comment