Analisa Bisnis Kursus Mengemudi Agar Sukses

Sering saya mendapati kemacetan di jalan karena ada mobil kursus yang sedang melaju, karena pesertanya masih awam dan belum mahir, mereka menjalankan mobilnya dengan sangat pelan, tak jarang hal ini membuat jengkel pengemudi lainnya. Dan bukan satu dua mobil saja yang seperti ini, nyatanya banyak sekali mobil yang sedang dipakai untuk kursus di jalan raya, yang saya heran kenapa tidak memakai jalan sepi atau membuat jalur sendiri, pakpol juga seperti membiarkan saja, padahal berbahaya dan mengganggu lalu lintas.


Saat ini memang banyak sekali bisnis jasa kursus mengemudi, hal ini dikarenakan semakin banyak orang yang memiliki mobil (harganya semakin terjangkau dan bisa dikredit sih) dan semakin banyak orang yang ingin memiliki keahlian mengendarai mobil agar bisa mendaftar kerja sebagai sopir. Hal ini dimanfaatkan oleh para pengusaha untuk mendapatkan keuntungan dengan maraknya para pengguna roda empat saat ini.

Bisnis kursus mobil sebenarnya sederhana, jika anda ingin memulai usaha yang satu ini maka hal yang dibutuhkan adalah sebagai berikut :
  • Mobil kursus (beli yang kapasitas besar, baru atau bekas terserah yang penting nyaman dipakai)
  • Guru mengemudi (kalau bisa yang ahli, sabar, berpengalaman, dan bersertifikat)
  • Materi pengajaran (teori dan praktek, kalau bisa sampai membuat SIM sekalian)
  • Lokasi usaha (sebaiknya di pinggir jalan, dekat keramaian, dan mudah diakses)
  • Perijinan usaha (sepertinya usaha ini harus punya izin khusus, apalagi menyangkut sertifikat yang dipakai untuk daftar SIM).
Jika hal-hal di atas sudah terpenuhi, maka anda tinggal menjalankan bisnis jasa ini. Mulailah dengan promosi agar orang-orang mengenal usaha anda, biasanya mobil yang dipakai untuk kursus diberikan stiker nama bisnis dan kontaknya agar orang lebih mudah mengenal dan menghubunginya. 

Dalam menjalankan bisnis ini, yang terpenting adalah pelayanan karena ini adalah bisnis di bidang jasa, berikan keahlian seperti yang diinginkan oleh pelanggan. Kalau bisa berikan tarif yang lebih murah dari harga kursus di tempat lain, untuk awal usaha rasanya tidak masalah yang penting dapat banyak pelanggan dulu dan usahanya dikenal.


Dari yang saya lihat, kebanyakan kursus mengemudi memberikan tarif di kisaran 300-500 ribu dengan asumsi materi teori dan praktek yang paling hanya 6-10 jam saja. Tentu saja kalau dipikir-pikir, bisnis yang satu ini sangat menguntungkan, coba saja hitung omsetnya kalau dalam 1 bulan mendapat 100 pelanggan dengan tarif 500 ribu, maka omsetnya sudah mencapai 50 jutaan, dan jika keuntunganya 40% maka dalam satu bulan bisa mengantongi untung sampai 20 jutaan.

Bisnis kursus mengemudi saat ini memang sedang marak dan banyak diminati, anda juga bisa segera memulai bisnis ini, masih banyak orang di luar sana yang belum bisa mengendarai mobil dan ingin mempelajarinya, tawarkan kepada mereka jasa yang anda punya, kembangkan bisnis yang sedang trend ini.

Wirausahakan Updated at: 4:22 AM

0 komentar:

Post a Comment