Analisa Usaha Ternak Bebek / Itik Secara Modern

Bebek atau itik merupakan salah satu jenis unggas yang banyak dibudidayakan oleh masyarakat Indonesia, hal ini tentu saja karena hewan yang satu ini punya nilai jual yang lumayan tinggi. Itik bisa dimanfaatkan dagingnya untuk makanan dan telurnya yang dijadikan bahan dasar usaha telur asin.

Sebenarnya para peternak bebek sudah lama ada di Indonesia, namun dari yang saya lihat kebanyakan masih belum bisa mendapatkan keuntungan maksimal dari ternaknya itu, hal ini tentu saja berkaitan dengan metode peternakan yang mereka gunakan. Kebanyakan para peternak masih menggunakan metode tradisional, mereka memelihara bebek, mengangonnya di sawah untuk mencari keong dan makanan lain sendiri, mereka menunggu bebek bertelur, dan berulang seperti itu setiap hari. Jadi ketika bebek tidak bertelur maka mereka tidak mendapatkan penghasilan, waktu mereka juga banyak terbuang dengan menunggui bebek mereka di sawah.

sumber gambar : gresik.co
Untungnya saat ini banyak ilmu yang diberikan mengenai peternakan bebek modern, dengan bantuan teknologi dan ilmu pengetahuan, para peternak sangat terbantu dalam memelihara bebeknya dan mendapatkan keuntungan yang maksimal. Dengan menggunakan metode peternakan modern, para petani akan mendapat keuntungan berupa kandang yang bagus, tidak bau, mudah dipantau, meningkatkan produktifitas, dan tentu saja lebih banyak keuntungan dari segi materi yang bisa didapatkan.

Peternakan modern yang bisa diterapkan untuk budidaya itik ini cukup sederhana, dengan pembuatan kandang yang modern, pakan kemasan dengan berbagai manfaat (ada yang dipakai untuk penggemukan, ada yang dipakai untuk merangsang bebek agar banyak bertelur, ada yang dipakai untuk meningkatkan kesehatan bebek), dan perawatan modern yang membuat kerja peternak semakin mudah.

Selain faktor pembudidayaan modern, saat ini gencar dilakukan pemasaran yang lebih baik, jaringan pemasaran untuk daging dan telur bebek semakin luas dengan harga yang juga tinggi. Hal seperti ini sangat diperlukan oleh para peternak untuk bisa meningkatkan kehidupannya dari ternak yang mereka kelola.

Saat ini teknologi berkembang dengan sangat pesat, ada baiknya memadukan teknologi dengan budidaya tradisional untuk meningkatkan produksi dari usaha di desa ini. Dengan banyaknya lahan di Indonesia, seharusnya ternak sudah menjadi hal yang bisa mensejahterakan rakyat kalau pengolahannya dilakukan dengan lebih baik.

Wirausahakan Updated at: 3:48 AM

0 komentar:

Post a Comment