Analisa & Tips Usaha Peternakan Ayam Petelur

Telur ayam merupakan salah satu bahan makanan yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat setiap harinya, selain untuk dinonsumsi sendiri sebagai bahan protein, telur ayam juga dipakai oleh beberapa pengusaha untuk bahan makanan mereka, misalnya saja pengusaha kue & roti, hampir setiap hari mereka mambutuhkan telur dalam jumlah yang banyak sebagai bahan baku pembuatan kuenya.


Tentu saja dengan minat masyarakat yang semakin tinggi, membuat peluang usaha dalam peternakan ayam petelur semakin besar, apalagi dengan harga telur yang terus meningkat membuat banyak pengusaha ayam petelur yang semakin sukses dengan bisnis yang dijalaninya ini. Apakah anda berminat untuk memulai usaha ternak ayam petelur?

Untuk memulai usaha ternak ayam petelur, paling tidak anda harus memiliki beberapa syarat utama dalam usaha ini, diantaranya adalah :
  • Lahan yang luas untuk kandang ayam petelur dengan desain khusus untuk menaruh telur ayam.
  • Bibit ayam petelur khusus yang berkualitas, biasanya ada yang menyediakan bibit ayam ini dan memberikan peluang kerja sama.
  • Pakan ayam petelur khusus yang biasanya mengandung banyak protein, pakan yang diberikan berbeda dengan pakan biasa untuk ayam pedaging misalnya.
  • Karyawan untuk mengurusi perawatan ternak ayam petelur, karena rasanya jika dikerjakan sendiri akan sangat merepotkan. Pekerjaan karyawan adalah memberi pakan, membersihkan kandang, memeriksa kondisi ayam, mengambil telur yang terkumpul, dan memberikan vaksin untuk ayam.
  • Modal usaha yang tidak sedikit. Untuk memulai usaha peternakan ini, modal yang dibutuhkan cukup banyak, tapi untungnya masih ada beberapa pihak yang menawarkan kerja sama, misalnya dengan pinjaman atau kerja sama bagi hasil.
Selain syarat tersebut, tentunya anda harus siap dengan berbagai hal buruk yang bisa terjadi dengan ternak ayam ini. Misalnya saja kematian pada bibit ayam, kurangnya telur yang dihasilkan, harga telur yang turun drastis, harga pakan dan perlengkapan yang naik, dan berbagai masalah lain yang harus siap dihadapi.


Pemasaran adalah suatu hal penting dalam bisnis, seorang Bob Sadino saja yang merupakan salah seorang pengusaha sukses di bidang peternakan ayam petelur ini, dulu sempat kesulitan dalam memasarkan telurnya, sehingga dia mencari cara yang bagus agar mendapatkan pelanggan. Yah, dia memberikan bonus bunga kepada siapa saja yang membeli telur darinya, dan dengan hal sederhana itu, dia mendapatkan banyak pelanggan yang akhirnya membuat bisnis yang dijalankan semakin berkembang dengan pesat.

Bisnis ayam petelur sangat cocok untuk anda yang berada di pedesaan atau jauh dari pemukiman, karena bau kotoran ayam biasanya mengganggu tetangga, sehingga ada baiknya jika anda membuka usaha ini carilah tempat yang jauh dari rumah warga atau keramaian.

Wirausahakan Updated at: 2:17 AM

0 komentar:

Post a Comment