Informasi Tentang Amnesti Pajak yang Katanya Bisa Meningkatkan Perekonomian

Tax amnesty atau pengampunan pajak adalah program terbaru pemerintah yang dikeluarkan pada pertengahan 2016 ini, UU Tax Amnesty telah disahkan pada bulan Juli 2016, dan programnya sudah mulai berjalan dengan didampingi menteri keuangan Sri Mulyani.


Menurut situs reminya, pajak.go.id, Amnesti pajak adalah program pengampunan yang diberikan oleh Pemerintah kepada Wajib Pajak meliputi penghapusan pajak yang seharusnya terutang, penghapusan sanksi administrasi perpajakan, serta penghapusan sanksi pidana di bidang perpajakan atas harta yang diperoleh pada tahun 2015 dan sebelumnya yang belum dilaporkan dalam SPT, dengan cara melunasi seluruh tunggakan pajak yang dimiliki dan membayar uang tebusan.

Dengan adanya tax amnesty, diharapkan pembayar pajak akan meningkat hingga 2x lipat yang sekaligus menjadi tambahan penerimaan negara. Dan hal ini diharapkan akan membantu dalam peningkatan perekonomian Indonesia dalam tahun ini dan tahun-tahun mendatang. 

Menurut Deputi BI, dengan adanya program amnseti pajak ini, negara menargetkan adanya pertumbuhan ekonomi sebesar 5,2%, dan mereka yakin angka tersebut adalah angka yang wajar dicapai dengan program yang satu ini. Diharapkan program ini akan menjadi dasar dari kemajuan perekonomian Indonesia di tahun-tahun mendatang.

Kita sebagai rakyat hanya berharap semoga program dari pemerintah ini bisa membuat sejahtera bagi rakyat, jika penerimaan negara bertambah, tentunya pembangunan dan pembiayaan untuk rakyat akan bertambah, semoga dengan hal ini bisa menambah kemakmuran untuk rakyat Indonesia kedepannya.

Meski masih menjadi pro dan kontra di beberapa kalangan, namun pemerintah mantap menjalankan program pajak ini, dengan harapan banyak orang Indonesia yang menyimpan uangnya di luar negeri akan memindahkannya ke Indonesia dan meningkatkan perekonomian kita.

Saya pikir sektor usaha akan terpengaruh dengan adanya tax amnesty, namun menurut kementrian, program ini lebih berpengaruh kepada bisnis makro, jadi bagi bisnis kecil sepertinya belum terlalu berpengaruh dampaknya. Yah semoga ini adalah salah satu jalan yang bisa meningkatkan perekonomian negara kita karena rasanya akhir-akhir ini perekonomian sedang menyulitkan, atau hanya saya saja yang merasakannya, entahlah :D

Wirausahakan Updated at: 7:50 AM

0 komentar:

Post a Comment